19 May 2017 19:55 WITA

Kampung KB Menjamur di Sidrap

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kampung KB Menjamur di Sidrap

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Untuk menggalakkan kembali program Keluarga Berencana (KB), saat ini di Kabupaten Sidrap kembali marak kegiatan kampung KB. Setidaknya sudah ada 11 kampung KB yang berdiri di 11 kecamatan di Sidrap. 

Kepala Bidang Penangan dan Pengendalian KB Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, Saifuddin saat mengatakan, Kampung KB tersebut dibentuk di setiap kecamatan seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Sidrap. 

"Di Sidrap kita bentuk kampung KB di 11 kecamatan di Sidrap, salah satunya di Dusun III Samallangi, Desa Sumpang Mango kecamatan Pitu Riawa ini," ujar dia saat pencanangan kampung KB di Dusun II Samallangi, Jumat (19/5/2017).

Pembentukan Kampung KB tersebut dalam rangka menggalakkan lagi program KB yang sudah lama tidak dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat.

Pembentukan kampung KB di setiap kecamatan, kata dia, merupakan upaya pemerintah pusat. Seperti yang tercantum dalam nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan pedesaan. 

"Selain Kampung KB, juga tengah gencar mempromosikan KB pasca-persalinan," katanya.

Dalam kegiatan itu, seluruh warga di ajak untuk tetap mengedepankan Delapan Fungsi Keluarga, yakni Fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Perlindungan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, Fungsi Ekonomi, dan Fungsi Pembinaan Lingkungan.

"Kami berharap kampung KB ini bisa menjadi contoh terhadap kampung yang ada di Sidrap" harapnya.