Jumat, 19 Mei 2017 15:41 WITA

Filipina Berlakukan Larangan Merokok yang Ketat

Editor: Suriawati
Filipina Berlakukan Larangan Merokok yang Ketat
Foto: AFP/ TED ALJIBE

RAKYATKU.COM - Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah menandatangani sebuah perintah eksekutif yang akan memberlakukan larangan merokok.

Sesuai dengan perintah tersebut, merokok dan menjual rokok akan dilarang di semua tempat umum tertutup, dan juga berjarak 100 meter dari sekolah, taman dan area lain di mana anak-anak berkumpul. Aturan baru ini akan berlaku dalam 60 hari ke depan.

BACA JUGA: Apa itu Asap Pihak Ke-tiga dan Bahayanya untuk Kesehatan?

Filipina sudah memiliki larangan terhadap iklan rokok. Ada juga undang-undang yang mewajibkan gambar bahaya rokok untuk dicetak pada kemasan produk, serta pajak yang lumayan besar. Tapi aturan terbaru ini akan semakin memperluas larangan rokok.

Filipina Berlakukan Larangan Merokok yang KetatPresiden Filipina Rodrigo Duterte

Larangan merokok telah disuarakan Duterte sejak tahun lalu, segera setelah ia menjadi presiden. Itu merupakan serangkaian tindakan untuk lebih menertibkan masyarakat.

Tindakan lainnya termasuk larangan menyanyi karaoke di malam hari dan aturan jam malam pukul 2:00, serta minum alkohol di depan umum, meski belum diimplementasikan.

BACA JUGA: Studi: Rokok Membunuh 1 dari 10 Orang di Dunia

Sebelum jadi presiden, Duterte terkenal sebagai walikota di kota Davao selatan, di mana dia berhasil merubah tindak kejahatan menjadi salah satu pusat kota yang paling banyak ditinggali dan aman di Filipina.