19 May 2017 14:24 WITA

Inilah Cabai Terpedas di Dunia, Saking Pedasnya Bisa Mematikan

Editor: Suriawati
Inilah Cabai Terpedas di Dunia, Saking Pedasnya Bisa Mematikan
Mike Smith (North Wales Daily Post)

RAKYATKU.COM - Sebuah cabai yang dinamai Dragon’s Breat (napas naga) telah ditetapkan sebagai yang terpedas di dunia. Cabai ini memecahkan rekor dengan skor 2,48 juta pada skala pedas Scoville.

Sebagai perbandingan seberapa pedas cabai ini, cabe yang biasanya dimakan sebagai tantangan, memiliki skor Scovilles antara 100.000 dan 350.000. Bahkan semprotan militer hanya memiliki kapasitas 2 juta unit dalam skala yang sama, dan yang terpanas di dunia sebelumnya. 

Para ahli percaya bahwa mencoba mengunyah dan menelan cabai sepedas ini akan membuat seseorang berisiko meninggal akibat syok anafilaksis. Dalam istilah orang awam, itu akan membakar dan menutup saluran udara mereka.

Cabai nafas naga diciptakan oleh seorang petani bernama Mike Smith, dibantu peneliti di Nottingham Trent University.

Smith mengatakan, dia belum pernah mencoba makan satu biji pun. Namun, dia telah menaruhnya di ujung lidahnya, dan merasakan pedas yang tak tertahankan.

"Saya sudah mencobanya di ujung lidah saya dan rasnaya panas dan membakar. Saya meludahkannya dalam waktu sekitar 10 detik. Intensitas panasnya terus tumbuh," kata pria berusia 35 tahun tersebut.

Karena begitu kuat, Smith dan para ilmuwan di Nottingham Trent University percaya bahwa cabai Napas Naga bisa memiliki penggunaan obat yang penting. Minyak dari cabai bisa membuat kulit mati rasa, sehingga bisa dijadikan alternatif sebagai anestesi, terutama pada orang-orang yang alergi terhadap obat bius konvensional.