18 May 2017 15:46 WITA

Ini Alasan Rusdi Kirana Minta Jabatan Jadi Dubes RI di Malaysia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ini Alasan Rusdi Kirana Minta Jabatan Jadi Dubes RI di Malaysia
Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana. (Foto: Humas Setkab/Jay).

RAKYATKU.COM - Petinggi maskapai penerbangan Lion Air, Rusdi Kirana dilantik menjadi Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Malaysia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/5/2017). 

Rusdi mengaku dirinya memang sengaja meminta agar ditempatkan sebagai Dubes RI di Malaysia.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini mengaku ingin menjadi Dubes RI di Malaysia untuk menangani Tenaga Kerja Indonesia (TKI), baik yang legal maupun ilegal. Terutama Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang jumlahnya sangat banyak di negara tersebut.

"Karena perlu diketahui, tidak ada siapapun di dunia ini yang menginginkan anaknya bekerja di luar negeri, terutama yang non formal,” kata Rusdi kepada wartawan usai pelantikan dirinya.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), kata dia, akan mencoba mendidik mereka di Malaysia dan dihubungkan dengan bank pendanaan. Lalu mereka dilatih membuat Usaha Kecil Menengah dan pemerintah akan membantu distribusinya maupun penjualan produk tersebut.

Rusdi mengaku ingin membantu penduduk Indonesia di Malaysia, terutama dengan mengusahakan membangun komoditi knowledge.

KBRI di Malaysia, tambah dia, mau coba membuka balai latihan supaya para tenaga kerja itu sebelum kembali ke Indonesia dilatih. Sehingga harapannya mereka kembali ke Indonesia, tidak berpikiran untuk kembali ke Malaysia. 

Rusdi Kirana mengaku sudah bicara dengan BRI untuk memberikan pendanaannya. Sementara Lion Grup mau menjamin mereka dari pembayaran pinjaman mereka. 
Sementara untuk produk yang mereka buat, pihaknya sudah buat pusat UKM di Manado, yang jumlah wisatawannya terus meningkat akhir-akhir ini.

Berita Terkait