Minggu, 14 Mei 2017 10:07 WITA

Pulau Camba-cambang, Wisata Murah untuk Menikmati Sunset

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Adil Patawai Anar
Pulau Camba-cambang, Wisata Murah untuk Menikmati Sunset

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Pulau Camba-cambang, yang terletak di Kabupaten Pangkep, Sulsel kini menjadi perhatian wisatawan. Akses yang tak jauh dari Kota Pangkep, menjadikan wisata bahari ini sudah akrab di telinga wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Cambang-cambang dikenal dengan wisata murah tapi tidak murahan. Disana, kejernihan air laut, pesisir pantai, terumbu karang masih terjaga keindahannya. Sangat memanjakan para pecinta selfie.

"Menikmati matahari terbenam bersama keluarga dan teman sangat pas disini," ungkap Ika, salah seorang pengujung, Minggu (14/5/2017).

Tak sedikit pengunjung datang untuk menginap. Mengingat pulau ini menyiapkan 15 villa untuk beristirahat. Harga per vila bervariasi, dari Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per malam. Bagi yang ingin menggelar pertemuan semi formal, terdapat fasilitas spot center untuk menggelar diskusi. Saat ini Pemkab Pangkep memasang tarif Rp5 ribu per pengunjung. Di luar biaya transportasi, villa, dan fasilitas penunjang lainnya.

"Kita juga siapkan Outbaund, Jet Sky, dan juga Banana Boot, namum kita belum operasionalkan, sisa menunggu waktu saja. Semua alatnya sudah ada," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangkep, Ahmad Jamaan

Pulau Camba-cambang, Wisata Murah untuk Menikmati Sunset???????

Loading...

Bagi yang ingin berkunjung ke Pulau Camba-cambang, disarankan melalui Dermaga Maccini Baji. Dermaga Macini Baji sendiri berjarak sekira 15 Km dari Kota Pangkep, atau sekitar 20 menit menggunakan kendaraan.

Sampai di dermaga, wisatawan disarankan berdiskusi dengan masyarakat penyedia jasa transportasi, agar bisa memasang tarif per orang dengan harga terjangkau, bukan hitungan per kapal.

"Kapal-kapal penumpang itu dikelola langsung masyarakat sekitar. Biasanya biaya pulang pergi untuk satu kapal Rp150 ribu. Makanya cocok bagi mereka yang datang berombongan," jelas Jamaan.

Ahmad Jamaan menjelaskan, Pulau Camba-cambang merupakan tempat wisata yang dikelola Pemkab Pangkep melaui APBD. Tak sedikit pihak swasta yang ingin mengambil ahli pengelolaan wisata Pulau Camba-cambang.

"Namun keinginan kita bukan sekedar keuntungan, namun kita ingin masyarakat dapat menikmati wisata pulau dengan murah. Karena bila dikelola pengusaha otomatis tarifnya akan jauh lebih mahal," demikian Jamaan.

Loading...
Loading...