Minggu, 15 Mei 2016 21:23 WITA

Begini Evakuasi Mahasiswa UIN Yang Terjatuh di Gua Terdalam Indonesia

Penulis: Muh. Basri
Editor: Adil Patawai Anar
Begini Evakuasi Mahasiswa UIN Yang Terjatuh di Gua Terdalam Indonesia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Adrian atau Rian, mahasiswa UIN Alauddin Makassar,  yang dikabarkan terjatuh ke gua terdalam di Indonesia, Leang Pute di Dusun Pattiro Desa Labuaja Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros, Sabtu kemarin akhirnya ditemukan, Minggu (25/5/2016) siang.

Rian ditemukan di kedalaman 50 meter. Beruntung, ia ditemukan dalam kondisi masih hidup. Namun akibat kejadian tersebut ia mengalami luka patah tulang bagian paha dan kaki.

Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusarang (TN Babul) Maros, Sahdin Zunaidi mengemukakan, proses evakuasi  berjalan dengan baik. Meski agak sulit karena korban terus merontah kesakitan.

Sahdin juga menyampaikan, peristiwa jatuhnya Rian ini terjadi di Gua Dinosaurus, bukan Leang Pute sebagaimana diberitakan sebelumnya. Gua Dinosaurus memang terletak berdekatan dengan Leang Pute.

Pasalnya Leang Pute tidak memiliki teras atau koridor, langsung lurus ke bawah hingga dasar gua yang dalamnya 260-270 meter.

Loading...

"Pengunjung bernama Rian itu ditemukan di koridor Gua Dinosaurus yang bejarak sekitar 150 meter dari permukaan tanah," ungkapnya.

Begini Evakuasi Mahasiswa UIN Yang Terjatuh di Gua Terdalam Indonesia

Selanjutnya, pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas dukungan stakholder yang luar biasa dalam proses pencarian dan evakuasi korban, yakni Polres Maros beserta Polsek Camba, Koramil Camba, Camat Cenrana, Kades Labuaja, Kades Rompogading, Tim evakuasi yang terdiri TN Babul, Manggala Agni, Basarnas Makasar, BPBD Maros, SAR Unhas, SAR UNM, Korpala Unhas dan masyarakat setempat.

Untuk diketahui, Gua Dinosaurus dan Leang Pute Maros berada di kawasan karst dalam wilayah Taman Nasional Bantimutung Bulusaraung (TN Babul), kawasan ini memiliki ciri khas karts menara dengsn banyak gua.

Loading...
Loading...