Kamis, 27 April 2017 16:49 WITA

1.973 WNA Mencari Suaka di Sulsel

Editor: Mulyadi Abdillah
1.973 WNA Mencari Suaka di Sulsel
Ramli HS

RAKYATKU.COM, PINRANG - Sebanyak 1.973 Warga Negara Asing (WNA) dilaporkan tengah mencari suaka di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Imigrasi Sulawesi Selatan, Ramli HS menyebutkan, para pencari suaka itu tengah mencari perlindungan di Indonesia dengan berada di wilayah hukum Imigrasi Sulsel.

"Data pencari suaka 1.973 orang. Total WNA yang ada di Sulawesi Selatan berkisar 3.123 orang," ucap Ramli di Kabupaten Pinrang, Kamis (27/4/2017).

Menurutnya, WNA yang ada di Sulsel bukan hanya yang mencari suaka. Selebihnya, mengantongi Ijin Tinggal Kunjungan  sebanyak 383 orang, Ijin Tinggal Terbatas sekitar 741 orang, Ijin Tinggal Tetap 103 orang, dan ITAS Perairan 13 orang. 

"Untuk WNA yang memiliki Ijin Tinggal Kunjungan yang berlaku selama sebulan itu, dapat diperpanjang menjadi Ijin Tinggal Sementara ( ITAS) yang berlaku selama setahun," urainya.

Terkait tenaga kerja asing yang bekerja di salah satu Perusahaan Rumput Laut di Pinrang, pihaknya akan meminta kepada Kantor Imigrasi Parepare untuk terus melakukan pemantauan. "Kehadiran para warga Tiongkok itu akan menjadi atensi buat kami," demikian Ramli.

Informasi yang dihimpun, ada sekitar 50 warga Tiongkok tang bekerja di perusahaan rumput laut di Kampung Bela Belawa, Desa Polewali, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.