Sabtu, 22 April 2017 03:00 WITA

Cakka: Perempuan Merupakan Pejuang, Sekaligus Tonggak Bangsa

Editor: Almaliki
Cakka: Perempuan Merupakan Pejuang, Sekaligus Tonggak Bangsa

RAKYATKU.COM, BELOPA - Momentum Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada Jumat (21/4/17), menjadi kebanggan bagi kaum perempuan bangsa ini.

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, atau Cakka, bahkan menilai bahwa kemajuan dan perkembangan yang diperlihatkan kaum perempuan, hingga saat ini menunjukkan, bahwa perempuan tidak hanya sebatas pejuang keluarga, tapi juga sekaligus tonggak bangsa dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

"Selamat Hari Kartini. Maju terus perempuan Indonesia. Perjuangan Kartini saat ini tidak lagi hanya sebatas keluarga, tapi juga lingkungan. Perempuan bangsa dan khususnya Kartini Kabupaten Luwu harus ikut dan terus berkarya untuk bangsa," tutur Mudzakkar melalui Kabag Humas Pemkab Luwu, Muhammad Ansir Ismu saat ditemui di Belopa, Jumat (21/4/17).

Momentum ini, sebutnya, kiranya tidak sebatas seremoni belaka. Perjuangan harus terus dilakukan dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa sekarang, yakni menjadi Indonesia Sehat.

"Tidak hanya perempuan, tapi juga lelaki. Harus memberikan perlindungan, jaminan, dan motivasi kepada Kartini saat ini. Kita ketahui bersama, bahwa di balik pemimpin yang suskes, ada perempuan hebat. Saya contohnya, tidak mungkin bisa seperti sekarang ini, tanpa peran dan dorongan istri tercinta," jelasnya.

Untuk itu, Mudzakkar mengimbau agar kreatifitas dan inovasi perempuan tidak boleh dikekang. "Bangsa telah memberikan jaminan kepada perempuan. Tidak boleh ada kekerasan terhadap kaum perempuan. Jika ingin melihat bangsa ini lebih baik ke depan, maka hargailah kaum perempuan. Itu sudah kewajiban, bukan lagi keharusan. Intinya, berdayakan perempuan," harap Mudzakkar. 

Raden Ajeng Kartini yang kemudian lebih dikenal dengan RA Kartini, melalui surat-suratnya, telah membawa sebuah optimisme baru bagi kaum perempuan. Bahkan, Presiden Soekarno pada 1964 memutuskan RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional sekaligus menjadikan hari lahirnya sebagai Hari Kartini yang diperingati setiap tahun.