21 April 2017 22:45 WITA

Salmah Ketiban Untung di Hari Kartini

Editor: Almaliki
Salmah Ketiban Untung di Hari Kartini

RAKYATKU.COM, SINJAI - Salmah (45), warga miskin yang tinggal di Dusun Maroanging, Desa Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur, ketiban untung. Di Hari Kartini ini, ia mendapat banyak bantuan.

Untuk menghidupi tiga anak dan tiga cucunya, Salmah hanya tinggal di sebuah gubuk yang hanya berdinding kayu lapuk, dan beratapkan anyaman daun jerami.

Dia sendiri seorang janda dari almarhum Hasanuddin yang merupakan pensiunan Dinas Peternakan Kabupaten Sinjai.

Ketua Darma Wanita Sinjai, Nikmah A. Taiyeb, mengatakan, bahwa di Hari Kartini ini, dirinya bersama rekan-rekan mencoba untuk mengunjungi beberapa warga miskin yang ada di Tongke-tongke, salah satunya Salmah.

"Alhamdulillah, ada dana patungan dari kepala instansi, yang selanjutnya kami berikan kepada Bu Salmah sebanyak Rp5 juta untuk bedah rumah, serta sembako yang bisa sedikit meringankan bebannya," terang Nikmah, Jumat (21/4/2017).

Sementara Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesra Setdakab Sinjai, Nikmat Baddare Situru berkomitmen untuk mengurangi beban warga miskin sesuai dengan kewenangan pemerintah kabupaten.

Ditambahkan juga oleh Seksi Non Ruminansia DPHK Sinjai, Rosdiana mengatakan bahwa Dinas Peternakan akan memberikan bantuan berupa ayam akusi, serta akan mempekerjakan salah satu anak Salmah di DPHK Sinjai.

Tak mau kalah, Kepala Desa Tongke-tongke juga berjanji akan membangun MCK di rumah Salmah yang selama ini tidak memiliki MCK sendiri, sehingga kerap membuat keluarga Salmah kesulitan.

Mendapat kunjungan dari banyak pihak, rumah Salmah tak bisa menampung semua pengunjung. Salmah sendiri hanya bisa terharu ketika menerima bantuan dan menyampaikan rasa syukur serta terima kasihnya.