20 April 2017 17:24 WITA

Suriah Pindahkan Pesawat Tempurnya Setelah Serangan Udara AS

Editor: Suriawati
Suriah Pindahkan Pesawat Tempurnya Setelah Serangan Udara AS
Pangkalan Udara Khmeimim

RAKYATKU.COM - Pemerintah Suriah telah memindahkan sebagian besar pesawat tempurnya untuk melindunginya dari serangan AS.

Dua pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN bahwa Suriah menempatkan pesawatnya di dekat Pangkalan Udara Khmeimim Rusia di Gubernur Latakia, Suriah.

Pangkalan Khmeimim, bersama dengan fasilitas angkatan laut di Tartus, adalah satu dari dua pangkalan militer utama di Suriah. Rusia dilaporkan telah menggunakan sistem anti rudal canggih di pangkalan tersebut.

Menurut CNN, pemerintah Rusia mungkin akan berpikir bahwa AS lebih enggan menyerang di dekat pasukan Rusia.

Pemindahan pesawat ini dilakukan setelah AS menyerang pangkalan udara Suriah awal bulan ini, menghancurkan beberapa pesawat, dan menewaskan empat tentara Suriah.

Itu terjadi beberapa hari setelah daerah Khan Sheikhoun yang dikuasai pemberontak di provinsi Idlib menjadi sasaran serangan senjata kimia yang menewaskan lebih dari 70 warga sipil, yang diklaim AS dilakukan oleh rezim Bashar al-Assad.

Meskipun pemerintah Suriah telah membatah melakukan serangan itu, namun pejabat tidak memberi ampun. AS bahkan bersumpah untuk menyerang lagi, jika Suriah kembali mengancam nyawa warga sipil.

Tags
suriah