Kamis, 20 April 2017 13:22 WITA

HUT ke-53 Pemasyarakatan, Narapidana Diajak Mengaji

Penulis: Saiful Mujib - Mujahid
Editor: Andi Chaerul Fadli
HUT ke-53 Pemasyarakatan, Narapidana Diajak Mengaji

RAKYATKU.COM - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Indonesia melantunkan ayat-ayat suci Al Quran. Bukan tanpa sebab, para narapidana ini berusaha memperbaiki diri dalam gerakan Nusantara Mengaji.

Giat ini sendiri diselenggarakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham RI di seluruh Lapas dan Rutan pada Kamis (20/4/2017). 

"Kita ingin memperbaiki mental napi (narapidana) kita agar dapat berguna saat mereka keluar dari Rutan. Agar dapat menjadi manusia seutuhnya, ikut berperan dalam setiap kegiatan yang ada di tengah-tengah masyarakat nantinya," ujar Kepala Rutan klas IIB Pangkep, Ashari.

Di wilayahnya, sekitar 204 penghuni rutan mengenakan pakaian putih dalam kegiatan ini. 

Ashari menjelaskan, Nusantara Mengaji ini sebagai upaya mengubah paradigma masyarakat bahwa Rutan bukanlah tempat peredaran narkoba. Namun benar-benar menjadi tempat binaan bagi tahanan.

Di Rutan Klas IIB Sinjai, Nusantara Mengaji dipusatkan di Mesjid Babut Taubat, Kompleks Rutan Sinjai. Kepala Rutan Sinjai, Akbar Amnur mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Bakti Kemasyarakatan tahun 2017. 

"Kegiatan ini merupakan upaya dan langkah konstruktif untuk memperbaiki dan membangun kepribadian para warga binaan sebagai bagian dari komponen masyarakat untuk menghidupkan kembali nilai-nilai ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa," tambah Akbar Amnur.