Kamis, 20 April 2017 10:14 WITA

Wapres AS Akan Berkunjung ke Masjid Istiqlal Hari ini

Editor: Suriawati
Wapres AS Akan Berkunjung ke Masjid Istiqlal Hari ini
Foto: Washington Post

RAKYATKU.COM - Wakil Presiden AS, Mike Pence akan mengunjungi masjid terbesar di Indonesia pada hari Kamis (20/4).

Dilansir dari AFP, Gedung Putih mengatakan, Pence akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan mengadakan dialog multi-iman pada hari pertama kunjunganya ke Jakarta.

Kunjungan Pence mewakili jangkauan paling tinggi pemerintahan Trump terhadap Muslim. Langkah ini diyakini sebagai sebuah isyarat simbolis dalam sebuah pemerintahan yang dituduh memicu Islamofobia.

Kunjungan Mike Pence di Indonesia disambut oleh pemerintah, yang mengatakan bahwa mereka berharap hal itu mencerminkan pergeseran sikap AS terhadap Islam.Wapres AS Akan Berkunjung ke Masjid Istiqlal Hari iniKepala Majelis Ulama Indonesia mengatakan kepada AFP, "AS adalah negara besar, dengan pengaruh besar, sehingga harus menampilkan dirinya sebagai negara yang bersahabat dengan semua orang."

"Semoga kunjungan Pence menunjukkan adanya perubahan sikap, setidaknya mereka menjauh dari pendirian bahwa mereka sama sekali tidak menyukai Islam," kata KH Ma'ruf Amin.

Adam Mulawarman, direktur urusan luar negeri Kementerian Luar Negeri Indonesia, mengatakan bahwa dia yakin "kunjungan ke Istiqlal mencerminkan keinginan AS untuk membuka diri terhadap Islam, untuk melakukan dialog antar agama."

Mike Pence berada di Indonesia dalam rangakaian tur negara Asia.

Sejak menjadi presiden 2 bulan lalu, Donald Trump telah memperlihatkan kedekatan dengan negara-negara Islam. AS telah menyambut beberapa pemimpin dari mayoritas Muslim, termasuk Yordania, Irak, Arab Saudi dan Mesir.

Namun pemerintahannya juga telah mencoba untuk melarang wisatawan dari beberapa negara berpenduduk mayoritas Muslim, dengan alasan kekhawatiran tentang terorisme