Jumat, 14 April 2017 23:45 WITA

VCT Luwu Utara Resmi Ditutup

Penulis: Erick
Editor: Almaliki
VCT Luwu Utara Resmi Ditutup

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pelatihan Voluntary Conseling and Testing (VCT) yang dilaksanakan selama lima hari di Hotel Bukit Indah, ditutup oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, Andi Muhammad Nasrum, Jumat (14/7/2017).

Dalam sambutannya, Muh. Nasrum mengatakan HIV AIDS adalah masalah kesehatan yang cukup besar di Indonesia. HIV AIDS telah memasuki tingkat epidemik terkonsentrasi dengan prevalensi di wilayah Indonesia berkisar 0,43 persen, kecuali di tanah Papua dengan prevalensi 2,3 persen.

"Infeksi HIV yang ditularkan melalui berbagai gaya hidup dan perilaku. Oleh karena itu, tersedianya tes individu, diharapkan menjadi dasar konseling dan agar dapat memberikan kontribusi tercapainya pengurangan penyebaran HIV," urai Nasrum.

loading...

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini sendiri adalah mengembangkan pelayanan VCT di Kabupaten Luwu Utara, mengembangkan kemampuan dan keterampilan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan prinsip konseling terpadu dalam penanggulangan HIV tingkat puskesmas, dan menyediakan tenaga dokter dan perawat sebagai tenaga konselor.

Pelatihan VCT ini dihadiri oleh 30 orang peserta, sembilan perwakilan dari puskesmas, dua dari rumah sakit (RS Hikmah dan RSUD A. Djemma) dan dua perwakilan dari Dinas Kesehatan.

Loading...
Loading...