Rabu, 05 April 2017 14:35 WITA

Pemkab Gowa Rintis Pusat Belajar Guru

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemkab Gowa Rintis Pusat Belajar Guru

RAKYATKU.COM, GOWA - Setelah mencanangkan Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan di Sulsel, Pemda Gowa di bawah pimpinan Adnan-Kio terus menciptakan berbagai program dan inovasi untuk mewujudkan Gowa Kabupaten Pendidikan. 

Sosialisasi salah satu inovasinya adalah pengembangan 'Teacher Learning Centre' (Pusat Belajar Guru-PBG) yang dibuka oleh Sekda Gowa Muchlis Masse di Baruga Karaeng Pattingaloang, Rabu (5/4/2017).

Sosialisasi program pengembangan PBG tersebut menghadirkan dua fasilitator dari Yayasan Putera Sampoerna Foundation yang merupakan mitra Pemkab Gowa.

Sekda Gowa, Muchlis Masse menjelaskan, PBG ini dilakukan sebagai salah satu solusi untuk peningkatan mutu dan profesionalisme guru di Gowa. Program ini bertujuan untuk membangun sistem pembinaan berkesinambungan dan menyediakan akses bagi guru dalam rangka pengembangan profesionalisme guru.

"Program ini dilaksanakan atas kerjasama Pemkab Gowa dan Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) yang akan dilakukan selama tiga tahun ke depan," kata Muchlis. 

loading...

"PBG dilengkapi dengan sejumlah nara sumber yang disebut guru inti dan pengelola PBG yang akan diseleksi dari kalangan guru TK, SD, SMP di Gowa. Mereka akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para fasilitator PSF-SDO tersebut," jelas Muchlis mewakili Bupati Gowa.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memanfaatkan pengembangan potensi guru. Sehingga pada akhirnya bisa memberikan perubahan yang besar bagi dunia pendidikan di Gowa.

Gusman Yahya, Head of School Development Outreach Putra Sampoerna Foundation diwakili Fathuddin Muchtar selaku project leader mengatakan, program ini diharapkan dapat menghasilkan guru-guru inti yang andal yang berkualitas yang akan mengimbaskan kepada guru-guru lainnya di Gowa.

"PBG tersebut akan menjadi pusat guru-guru berkualitas tidak hanya di Gowa tapi juga di Sulsel," ujar Gusman Yahya.

Tags
Loading...
Loading...