Senin, 27 Maret 2017 15:06 WITA

Bantaeng Bersihkan Spanduk Politik Jelang Pilkada

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Andi Chaerul Fadli
Bantaeng Bersihkan Spanduk Politik Jelang Pilkada

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng akan membersihkan seluruh atribut partai politik menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Utamanya spanduk yang dianggap menyalahi aturan pemasangan di beberapa titik.

Kepala Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bantaeng, Abdullah mengatakan, aturan pemasangan atribut telah ada. Baliho maupun spanduk tak boleh dipasang di pohon dengan cara dipaku serta di tiang listrik.

"Sepanjang itu, kami lakukan koordinasi dengan para ketua partai agar menaati aturan dalam memasang alat peraga (atribut)," kata dia, Senin (27/3/2017).

Menurut dia, alat peraga partai yang menyalahi aturan akan dikoordinasikan dengan partai politik itu sendiri. 

Maraknya atribut Parpol) menjelang Pilkada mendapat sorotan dari pemerhati lingkungan di Bantaeng. Salah satu aktivis lingkungan Wahana Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (Wanapalih) Sulawesi, Sudadim menilai pemasangan atribut Parpol di pohon dengan memaku adalah cara yang salah.

loading...

"Dengan adanya pohon akan menahan laju hujan, sehingga semakin besar peluang meresap ke dalam tanah. Pohon juga dapat menyerap polutan pencemar udara dan bisa menghasilkan oksigen," jelas dia.

Pemakuan di badan pohon, kata dia, bisa mengakibatkan pohon mati. Maka dari itu, Sudadim mengharapkan parpol ataupun calon kepala daerah untuk tidak memaku pohon hanya untuk atribut.

"Karena akan berdampak pada ekosistem lingkungan kita sendiri," tambahnya.

Loading...
Loading...