Senin, 20 Maret 2017 17:17 WITA

147 Ribu Warga Bulukumba Belum Ikut Program JKN

Penulis: Rahmatullah
Editor: Jumardin Akas
147 Ribu Warga Bulukumba Belum Ikut Program JKN

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) belum sepenuhnya menyentuh seluruh warga Bulukumba. 

Dari 436.751 jumlah penduduk Bulukumba, baru 288.927 penduduk yang memiliki kartu BPJS kesehatan atau sekira 66 persen dari total penduduk.

Data dari BPJS Kesehatan per Februari 2017, jumlah penduduk Bulukumba yang belum ikut program JKN mencapai 147.824 jiwa atau 34 persen.

BPJS Kesehatan menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Bulukumba untuk ikut program JKN.

"Dalam waktu dekat BPJS akan membentuk kader JKN yang bertujuan mengingatkan warga untuk jadi peserta JKN, sekaligus kader JKN akan mengingatkan bayar iuran bagi peserta JKN," ungkap Kepala BPJS Kesehatan Bulukumba, Oktav Andi Marut, di kantor Bupati Bulukumba, Jumat (17/3/2017).

loading...

Oktav menyebut, penduduk yang belum terdaftar BPJS Kesehatan banyak dari karyawan swasta beserta keluarganya. Saat ini yang terdaftar hanya mencapai 2.800 orang, padahal seharusnya dapat mencapai sekitar 10 ribu peserta.

Sementara itu, Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, mendukung langkah BPJS Kesehatan yang pro aktif menggalang masyarakat Bulukumba untuk ikut program JKN.

Langkah BPJS Kesehatan melibatkan aparat desa, perlu dilakukan. Bupati Andi Sukri Sappewali, minta pemerintah desa untuk aktif mendukung BPJS Kesehatan yang akan membentuk kader JKN.
 

Loading...
Loading...