20 March 2017 09:19 WITA

Minta Kejelasan Dana BOS, Wali Kota Makassar Surati Kementerian

Editor: Andi Chaerul Fadli
Minta Kejelasan Dana BOS, Wali Kota Makassar Surati Kementerian

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto segera menyurat ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan. 

Langkah dilakukan untuk meminta konfirmasi terkait dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan I yang hingga kini belum disalurkan ke sekolah-sekolah di Makassar.

"Saya berharap surat ini nantinya dapat segera mendapat respons dari pusat (Kemendikbud) dan provinsi, agar segera mempercepat penyaluran itu," kata pria yang akrab disapa Danny itu ke Rakyatku.com di kediamannya, Jalan Amirullah, belum lama ini.

Danny menambahkan, persoalan ini harus segera teratasi mengingat dana BOS menyangkut penyelenggaraan operasional sekolah. Sehingga tentu dapat menimbulkan dampak terhadap kelancaran proses pendidikan.

"Pemerintah Kota dan seluruh kepala sekolah itu siap untuk menggunakan dana BOS dengan sebenar-benarnya tanpa terkait dengan korupsi atau Pungli apapun. Semoga kita segera memperoleh informasi, kira kendala apa yang menghambat penyaluran ini," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Disdik Makassar, Ismunandar mengungkapkan, berdasarkan informasi dari pusat, dana BOS telah diserahkan kepada pihak provinsi sejak Januari 2017. Namun tanpa alasan yang jelas, hingga kini dan tersebut tidak kunjung disalurkan ke sekolah.

"Dana ini dialokasikan setiap triwulan dan harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk pelaporan diakhir bulan ke tiga. Tapi triwulan I sudah hampir berakhir, melihat waktu yang semakin mepet, kami khawatir penggunaan dana itu tidak dapat dimaksimalkan," kata dia.