Jumat, 17 Maret 2017 14:47 WITA

Lembaga Ini Tampung Keluhan Warga Desa di Bantaeng

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Andi Chaerul Fadli
Lembaga Ini Tampung Keluhan Warga Desa di Bantaeng

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Maka dari itu, Lembaga Mitra Indonesia (LMI) Kabupaten Bantaeng mendorong BPD untuk menjadi pusat pengaduan layanan bagi warga desa.

Ketua LMI Bantaeng, Andi Sultan menjelaskan, peran BPD sangat penting bagi warga desa untuk memberikan pelayanan dasar. "Fungsi dasar dari BPD yaitu sebagai bagian pilar-pilar perubahan untuk mewujutkan Desa dalam administarasi kependudukan," kata dia, Jumat (17/3/2017).

Sama halnya yang dilakukan BPD di Desa Rappoa dan Desa Papan Loe, Kecamatan Pakjukukang, yang mengawal dan memantau kebijakan pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan.

"BPD di Desa Rappoa dan Desa Papan Loe Kecamatan Pakjukukang sudah menjadi pondasi dasar untuk memberikan contoh bagi BPD di desa lain se-Kabupaten Bantaeng," jelas dia.

loading...

Perlu diketahui, kepengurusan administrasi kependudukan sangatlah penting. Terlebih lagi untuk mendaftarkan seorang anak menimbah ilmu (bersekolah). "Jika ini terwujud, maka akan meminimalkan jumlah anak yang tidak bersekolah," tambah dia.

Ketua Koalisi Masyarakat Untuk Peningkatan Kesejahteraan (KOMPAK) Bantaeng, Hardiman menyampaikan, selama ini fungsional BPD hanya nama atau tidak jalan.

"Olehnya itu BPD dalam hal ini sebagai pengawasan dan pengawalan kebijakan pemerintah desa harus jalan agar tidak ada penyimpangan, baik pengawasan penyaluran ADD (Alokasi Dana Desa) atau pengawasan administrasi," kata dia.

Loading...
Loading...