Kamis, 16 Maret 2017 13:56 WITA

Gubernur Sulsel Resmikan Baruga Karaeng Pattingaloang

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Almaliki
Gubernur Sulsel Resmikan Baruga Karaeng Pattingaloang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo meresmikan Baruga Karaeng Pattingaloang, di area Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, Kamis (16/3/2017).

Baruga ini nantinya menggantikan fungsi dari Baruga Sangiaseri, yang selama ini berdiri kokoh di area Rujab Gubernur. 

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanaman (DPKP2) Sulsel, Andi Bakti Haruni mengatakan pembangunan baruga ini telah mendapatkan rekomendasi dari pihak cagar budaya. 

"Di lingkungan ini kita tidak bisa membangun tanpa ada rekomendasi dari cagar budaya," kata Andi Bakti. 

Pembangunan baruga dua lantai ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp5,6 miliar, dengan luasan bangunan 1.347 meter persegi. Masing-masing 1.000 meter persegi di lantai dasar, dan 347 meter persegi pada lantai dua baruga.

Gubernur Sulsel Resmikan Baruga Karaeng Pattingaloang

Loading...

"Aula baruga ini memiliki kapasitas tampung hingga 500 orang. Juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Seperti ruang ganti, balkon, dan toilet."

Sementara itu, Gubernur Sulsel,  Syahrul Yasin Limpo mengatakan satu prinsip yang harus dibangun bersama, yakni Sulsel tidak boleh kalah dari provinsi lainnya. Sehingga, pembangunan ini sebagai salah satu upaya dalam menghadirkan pemerintahan yang lebih baik. 

"Hadirnya baruga ini, maka Sangiaseri akan ditumbangkan untuk pembangunan taman dan parkir. Yang bertahan adalah masjid dan tidak ada pagar pembatas. Baruga jadi lambang, melihat Indonesia bukan hanya Jawa, tetapi ada kekuatan kita di Sulsel," kata Syahrul. 

Kehadiran Baruga ini juga menjadi salah satu kado di hari ulang tahun Syahrul yang ke-62 hari ini.

Loading...
Loading...