Rabu, 15 Maret 2017 15:57 WITA

Ilegal, WNA Asal Nepal Divonis Penjara

Editor: Almaliki
Ilegal, WNA Asal Nepal Divonis Penjara

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rajendra Limbu, seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Nepal, divonis bersalah dalan sidang yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (15/3/2017).

Dalam sidang yang diadili oleh hakim Denny Lumban Tobing tersebut, Limbu dianggap melanggar undang-undang keimigrasian pasal 116 undang undang No.6 tahun 2011 dengan ancaman pidana tiga bulan kurungan penjara, atau denda Rp25 juta rupiah.

"Terdakwa terbukti bersalah secara meyakinkan dan dijatuhi hukuman denda sebesar Rp25 rupiah dan kurungan tiga bulan penjara, jika dalam jangka waktu tujuh hari belum juga dibayarkan dendanya maka hukuman kurungan dilakukan," ungkap majelis hakim.

Sementara itu, Kadiv Imigrasi Kemenkumham Sulsel, Ramli menyebut penangkapan terpidana dilakukan setelah adanya laporan warga mengenai keberadaan warga negara asing tersebut. Sehingga, pihaknya menggerebek Limbu pada tanggal 8 januari 2017 lalu, di perumahan Puri Permai Barombong.

"Pada dasarnya kesalahan WNA Rajendra ini karena tidak mengantongi paspor, bahkan ia berdalih paspornya sedang dibawa oleh rekannya. Namun, hingga saat ini paspornya tak ada," tambahnya.