Selasa, 14 Maret 2017 08:32 WITA

Kepulauan Selayar Digadang Jadi Bali Kedua di Indonesia

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Vkar Sammana
Kepulauan Selayar Digadang Jadi Bali Kedua di Indonesia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengincar Kepulauan Selayar untuk pengembangan tempat wisata di Indonesia. Salah satu wacana yang terdengar saat ini, adalah Selayar akan disulap menjadi Bali-nya Indonesia Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Musaffar Syah mengatakan, wacana Kemenpar ini dikarenakan melihat potensi yang ada di Selayar. Antara lain karena pesisir pantai yang panjang, berbentuk kepulauan,  serta alam dasar lautnya yang sudah terkenal keindahannya. 

"Saya belum bisa pastikan bagaimana bentuknya. Saya juga tunggu dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar terkait konsepnya. Jadi nanti kami sama-sama memaparkan di kementerian," ungkap Musaffar. 

Menurutnya, untuk mengembangkan Selayar menjadi Bali ke dua, maka harus didukung dengan APBN yang kuat. Pasalnya jika berharap pada APBD Provinsi dan Kabupaten, maka itu akan berat bagi pemerintah daerah. 

"Dananya dari kementerian nanti. Kalau daerah dan provinsi apa sih dayanya. Paling kita cuma bisa mensupport event-eventnya. Seperi Takabonerate kita bisa support. Tapi kalau membangun sarana dan prasarana itu berat kalau bukan dari APBN," jelas Musaffar. 

Ia menambahkan, itupun masih harus melihat kondisi keuangan Negara. Yang pasti bagi dia, sudah ada tanda-tanda perhatian khusus pemerintah pusat bagi Selayar. 

"Dengan adanya keinginan Kemenpar untuk menjadikan Selayar Bali ke dua Indonesia itu. Tinggal bagaimana kita menyatukan konsep pemerintah pusat dan daerah. Apa yang bisa dibantu oleh provinsi kita akan fasilitasi," pungkas Musaffar.