Senin, 13 Maret 2017 15:46 WITA

UMKM Sokong Pembangunan Gowa

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Andi Chaerul Fadli
UMKM Sokong Pembangunan Gowa

RAKYATKU.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggenjot Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi untuk pembangunan daerah melalui kualitas sumber daya manusia yang direalisasikan dengan menggelar dua pelatihan.

Pelatihan yang diikuti 200 pelaku UMKM itu dibuka langsung Sekda Gowa, Muchlis di Hotel Grand Asia Makassar, Senin (13/3/2017).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Gowa, Muh Yusuf menjelaskan, kegiatan pelatihan digelar untuk peningkatan pemahaman penggurus koperasi dan menuju inovasi serta kerjasama bagi UMKM.

"Bagi penggurus koperasi diharapkan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan bagi penggurus koperasi," kata dia.

UMKM Sokong Pembangunan Gowa

loading...

Sekda Gowa, Muchlis Masse mengatakan, koperasi menjadi awal dari pembangunan perekonomian, bahkan perananya besar. Perlu peningkatan pemahaman, kata dia, bagi penggurus agar koperasi bisa tetap mempertahankan eksistensinya.

"Saat ini ada sekitar 570 koperasi yang tersebar di 18 Kecamatan. Saat ini kita membutuhkan koperasi yang berkualitas, bukan kuantitas. Salah satu yang penting dalam koperasi adalah Rapat Anggota Tahunan (RAT). Aturan yang terbaru tidak melakukan RAT selama tiga akan dibekukan," jelas Muchlis.

Ia menambahkan, terkait pengembangan UKM juga menjadi perhatian Pemkab Gowa. Apalagi saat ini sudah menjadi target yang ingin dicapai satu desa satu UMKM unggulan.

"Sekitar 6.297 unit UMKM ada di Gowa. 50 persen dari kelompok ini masuk dalam kelompok mikro, 45 persen kelompok kecil. Dari gambaran ini sehingga terpolakan bentuk piramid,perlu melibatkan banyak pihak dalam mendukung. Pemerintah, perbankan dan pelaku usaha sendiri," kata Muchlis.

Tags
Loading...
Loading...