Sabtu, 11 Maret 2017 09:15 WITA

Taksi Online Wajib Lulus Uji KIR Sebelum Mengaspal

Penulis: Ibnu Kasir Amahoru
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Taksi Online Wajib Lulus Uji KIR Sebelum Mengaspal

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktorat Jendral Perhubungan Darat akan memberikan tanda khusus kepada taksi online dan taksi konvensional, sebagai pembeda.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto saat menggelar uji publik peraturan menteri nomor 32 tahun 2016 di Grand Clarion Hotel Makassar, Jumat (10/3/207) kemarin.

"Ada tanda khusus yang akan digunakan di taksi online berupa stiker, ditempel di bagian plat nomor. Tidak besar tapi kelihatan. Sementara dirumuskan sama kepolisian. Tentunya ini menjadi pembeda," kata Pudji Hartanto.

Namun sebelum mendapatkan stiker lanjut Pudji, para pemilik kendaraan terlebih dulu dinyatakan telah lulus Pengujian Berkala (KIR). Kemudian akan diberikan plat yang ditandai dengan nomor uji.

Taksi Online Wajib Lulus Uji KIR Sebelum MengaspalSementara itu, menurut Pudji, hingga saat ini taksi online masih diberikan kesempatan untuk beroperasi sembari melengkapi persyaratan yang tercantum dalam PM 32 tahun 2017 itu. Sebab menurutnya, hingga akhir bulan Maret masih tahap sosialisasi.

loading...

"Kita tidak bisa cabut karena masih ranah sosialisasi. Tapi kita menginginkan menjaga keamanan, keselamatan dan komunikasi. Karena hasil revisi ini berdasarkan tuntutan teman-teman," jelas Pudji.

Taksi Online Wajib Lulus Uji KIR Sebelum MengaspalMantan Kapolda Sulsel itu menekankan, dalam waktu dekat pihaknya akan menetapkan peraturan menteri nomor 32 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. 

"Kita lihat masukkan di uji publik kedua ini. Setelah itu kita finalisasi, kemudian kita laporkan ke Pak Menteri. Apa yang menjadi keputusan itu yang tegakkan. Kalau memang sebelum 1 April sudah final maka ditegakkan. Lebih cepat lebih baik," pungkasnya.

Loading...
Loading...