Jumat, 10 Maret 2017 14:04 WITA

Luwu Utara Galakkan "Polmas", Gerakan Pengolahan Pasca Panen

Penulis: Erick
Editor: Andi Chaerul Fadli
Luwu Utara Galakkan

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Wilayah perkebunan yang sangat luas di Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu faktor pendorong tingginya produktifitas komoditas perkebunan di wilayah ini.

Produksi perkebunan yang ada di Kabupaten Luwu Utara terdiri dari komoditas tanaman sagu, kelapa, kelapa sawit, kopi robusta, lada, kakao, dan aren.

Data statistik mencatat, di Luwu Utara sektor perkebunan kakao memiliki luas 36.212 hektar (ha), tanaman sagu 1.759 ha, kelapa 2.429 ha, kelapa sawit 16.534 ha,kopi robusta 1.209 ha, lada 285 ha, dan tanaman aren 304 ha.

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara akan berupaya menjadikan potensi perkebunan ini sebagai salah satu sektor yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui gerakan Petik Olah Jual Masyarakat Akan Sejahtera, atau di sebut "Polmas".

loading...

"Gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya yang bergerak di sektor perkebunan agar tidak hanya memetik dan menjual hasil perkebunannya. Akan tetapi dapat diolah dengan baik," kata Sekretaris Daerah Luwu Utara, Abdul Mahfud di ruang kerjanya, Jumat (10/3/2017).

Menurut Mahfud, dengan pengelolaan pascapanen akan dapat meningkatkan nilai ekonomis dan nilai sosial. "Contohnya buah pisang, yang dapat dikelola menjadi kripik. Sehingga nilai jualnya akan lebih bertambah," kata dia.

Selain itu, lanjut mahfud, juga dapat memudahkan distribusi dan penyimpanan, memperpanjang waktu dan jumlah persediaan pangan, serta mengurangi tingkat kerugian.

Loading...
Loading...