Selasa, 07 Maret 2017 16:22 WITA

Kantor Gubernur Rawan Kecurian, Wagub Semprot Kasatpol PP

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Jumardin Akas
Kantor Gubernur Rawan Kecurian, Wagub Semprot Kasatpol PP

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kasus pencurian kembali terjadi di Kantor Gubernur Sulsel. Kali ini, Staf Humas dan Protokol yang harus mengalami nahas lantaran harus kehilangan motor di area parkir Kantor Gubernur, pada Senin (6/3/2017), kemarin.

Parahnya, kasus ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, kejadian yang sama terjadi saat sebuah motor Jupiter MX juga raib dari parkiran kantor gubernur. Selain motor, kehilangan helm juga kerap terjadi di parkiran kantor orang nomor satu di Sulsel ini.

Hal ini pun membuat geram Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang. Hari ini, Senin (7/3/2017), Agus melakukan briefing bersama Kepala Satpol PP Sulsel Iqbal Suaeb, yang diikuti oleh seluruh jajaran Satpol PP Sulsel. 

Sebelumnya: Kantor Gubernur Sulsel Rawan Curanmor, Ini Buktinya

Agus secara langsung menegur Kepala Satpol PP Iqbal Suhaeb. Sebagai pimpinan, ia meminta Iqbal agar tetap menjaga stabilitas keamanan area kantor gubernur. Dalam arahannya, Wagub Sulsel menginstruksikan agar parkiran motor di Gubernuran difokuskan di satu titik yaitu parkiran bagian timur. Agus menegaskan, tidak boleh lagi ada kejadian seperti ini di kantor Gubernur. 

"Sudah lama saya kasih tahu pak Iqbal, jaga itu keamanan di kantor. Ini sudah masuk di berita, ini menurut saya tidak boleh terjadi karena sudah berulang-ulang," ujarnya 

Agus meminta agar jalur motor dibuatkan secara terpisah. Sedangkan untuk keamanan melalui CCTV,  ia menginstruksikan agar berkoordinasi dengan Biro Umum. 

"Dari dulu saya minta, pintu untuk kendaraan motor itu harus dibuatkan sendiri. Saya sangat berharap, sistem pengamanan kantor ini bisa diperhatikan, tak perlu lagi saya berulang-ulang bicara teknis seperti ini. Perhatikan itu," tegas Wagub dua periode ini. 

Loading...

Agus menegaskan, jika kehilang tersebut terjadi di area Parkir Kantor Gubernur, maka secara otomatis menjadi tanggung jawab Satpol PP.

Terkait jumlah personel, Agus meminta agar Satpol PP menambah anggotanya untuk menjaga secara sift di siang dan malam hari. Untuk saat ini, jumlah satpol PP memang masih minim. Setidaknya masih dibutuhkan 55 personel tambahan. Menurutnya, dengan adanya penambahan personel, keamanan di area parkir bisa dijamin aman. 

Dalam kesempatan itu, Agus pun mengakhiri arahannya dengan mengatakan jika kasus ini terulang kembali, maka ia tak segan mencopot Iqbal Suhaeb dari jabatannya menjadi kepala Satuan. 

"Jangan terulang lagi, kalau masih terulang copot ya," tutup Agus.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Sulsel, Iqbal Suaeb mengatakan, pihaknya juga merasa serba salah. Pasalnya, ketika pihaknya ingin melakukan langkah tegas, seperti pemeriksaan STNK motor, banyak pegawai yang merasa keberatan akan hal itu. 

"Sebenarnya sistem perparkiran kita beberapa kali mau kita disiplinkan. Tetapi itu jadi susah disiplin karena memang banyak terutama pegawai sendiri yang menolak untuk didisiplinkan. Ada saja alasannya. Begitu kita longgarkan masuklah orang-orang yang tidak kita kehendaki. Begitu kita keras dapat komplain dari pegawai di kantor sendiri. Jadi memang kita serba salah," jelas Iqbal.

Loading...
Loading...