Jumat, 17 Februari 2017 18:06 WITA

Bawaslu RI: Tak Ada Masalah Rekap di TPS Pilkada Takalar

Editor: Mulyadi Abdillah
Bawaslu RI: Tak Ada Masalah Rekap di TPS Pilkada Takalar
Ketua Bawaslu, Muhammad (kanan) saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Bawaslu Kabupaten Takalar, Jalan Syekh Yusuf, Jumat (17/2/2017).  

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI), Muhammad menyebut tidak ada permasalahan pada penghitungan di tingkat TPS pada Pilkada Takalar. 

Hal tersebut diungkapkan saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Bawaslu Kabupaten Takalar, Jalan Syekh Yusuf, Kecamatan Pattalassang, Takalar, Jumat (17/2/2017).  

"Jadi di TPS sudah tidak ada masalah karena proses rekapnya sudah selesai. Jadi kami pastikan tidak ada lagi masalah di TPS," kata Muhammad.

Pada hari ini, kata dia, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan sama dengan proses di TPS, proses untuk menjawab permasalahan itu dijawab oleh Panwascam.

"Kita intruksikan Panwascam dibackup Panwas kabupaten, provinsi dan RI untuk menjawab keberatan yang ada dan melakukan klarifikasi terhadap pihak yang ada pada proses rekapitulasi," tegasnya.

Ia mengaku telah menyaksikan proses rekapitulasi di beberapa kecamatan, termasuk Kecamatan Polongbangkeng Utara untuk memantau aspek keterbukaan PPK. 

"Kami juga arahkan tadi supaya agar suasana gedungnya lebih nyaman dan akses publiknya lebih banyak. Kita arahkan juga koordinasi dengan pihak camat," paparnya.

Ia juga ingin memastikan laporan yang masuk untuk segera ditindaklanjuti. "Kita tidak mau ada masalah yang dipending atau ditunda sehingga proses penetapan bupati," papar Muhammad. 

Menurutnya, soal pelanggaran yang dilaporkan itu diselesaikan secara berjenjang, baik ditingkat TPS dan PPK setiap kecamatan.