Jumat, 03 Februari 2017 08:10 WITA

Rp250 Miliar Basahi Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Andi Chaerul Fadli
Rp250 Miliar Basahi Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat mencanangkan pembangunan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Kamis (2/2/2017). Foto: Khori/Rakyatku.com

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekitar Rp270 miliar disiapkan untuk pembebasan 100 hektar (ha) lahan pembangunan proyek Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar. Dana itu disiapkan dari pemerintah pusat, terpisah dari anggaran kostruksi yang diprediksi mendekati angka Rp1 triliun.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo berharap pembangunan fisik bendungan mulai terlihat di tahun depan. 

"Target pembebasan lahan secepatnya. Saya mau 2018 sudah kelihatan bentuknya. Jangan terlalu lama, kalau bisa satu tahun ngapain harus tiga tahun," kata Syahrul usai mencanangkan pembangunan Bendungan Pamukkulu di Takalar, Kamis (2/2/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengungkapkan, proses pembebasan lahan sementara dilakukan. 

Rp250 Miliar Basahi Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu

"Jadi 75 hektar sudah siap, 25 (hektar) masih kita usulkan. Karena masih terdapat kawasan hutan lindung. Kita berharap pemerintah pusat segera memprosesnya agar bisa menjadi bagian dalam pembangunan bendungan ini," kata Darmawan.

loading...

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Agus Setiawan mengungkapkan, Bendungan Pamukkulu bisa menjadi salah satu upaya memanfaatkan sumber daya air di Sulsel yang cukup besar.

"Potensi jumlah air permukaan di Sulsel 71 miliar kubik pertahunya. Namun, sampai saat ini baru 30 persen yang dimanfaatkan," jelasnya.

Rp250 Miliar Basahi Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu

"Untuk itu kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan potensi air yang berlimpah ini. Dengan membangun beberapa bendungan dan sarana pengairan lainnya. Sehingga seluruh masyarakat dapat meanfaatkan sumber air ini secara maksimal dan dengan baik."

Ia berharap pembangunan bendungan ini segera diproses setelah pencanangan. Karena salah satu manfaat terbesar bendungan, meningkatkan hasil pertanian hingga tiga kali lipat.

Loading...
Loading...