Selasa, 31 Januari 2017 15:08 WITA

Jokowi Kukuhkan SYL Komandan Para Gubernur

SYL: APPSI Adalah “Partainya” Presiden

Editor: Sulaiman Abdul Karim
SYL: APPSI Adalah “Partainya” Presiden

RAKYATKU.COM, SOLO - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengukuhkan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo sebagai ‘komandan’ para gubernur se-Indonesia di Hotel Lor Inn Solo, Jawa Tengah, Senin (30/1/2017) malam. 

Syahrul kembali dikukuhkan memimpin Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) bersama dewan pengurus lainnya untuk masa bakti 2015-2019. Pengukuhan tersebut juga dilanjutkan dengan Pembukaan Rakernas 2017.

Pada kesempatan itu, SYL (sapaan akrab Syahrul) memaparkan program kerja APPSI tahun 2017. Beberapa program yang akan dilaksanakan tahun 2017.

Antara lain seminar membahas peran kepala daerah dalam pembinaan pejabat tinggi di daerah pada bulan Juni, pertemuan seluruh gubernur dengan Presiden RI membicarakan perkembangan strategis nasional pada bulan Agustus, workshop tentang kerjasama pemanfaatan produk unggulan daerah pada bulan September.

SYL: APPSI Adalah “Partainya” Presiden

Usai dikukuhkan SYL menegaskan, APPSI merupakan counter dan sparring partnerMenteri Dalam Negeri. “Jadi jangan khawatir, apapun yang dilakukan di sini adalah bagian dari Menteri Dalam Negeri, sebab secara structural input kepada Presiden RI melalui Mendagri,” kata peraih Bintang Mahaputera Utama ini.

loading...

SYL: APPSI Adalah “Partainya” Presiden

Secara khusus di hadapan Jokowi, SYL menyampaikan posisi strategis APPSI. Menurut gubernur dua periode ini, APPSI adalah ‘partainya’ Presiden. Partai yang dipimpin gubernur dan kedudukannya sangat kuat dengan input valid dan factual.

SYL: APPSI Adalah “Partainya” Presiden

Belakangan ini, beber SYL, terlalu banyak isu yang berkembang sehingga para gubernur membutuhkan instruksi langsung (direct instruction) dari Presiden RI. “Kami tidak boleh hanya mendengarkan dari macam-macam tempat, tetapi perintah dan petunjuk Presiden yang sebenarnya,” jelasnya.

Loading...
Loading...