Minggu, 08 Mei 2016 23:01 WITA

Demi Pelanggan Bisu, Pemilik Kedai Kopi Ini Kursus Bahasa Isyarat

Editor: Wiwi Amaluddin
Demi Pelanggan Bisu, Pemilik Kedai Kopi Ini Kursus Bahasa Isyarat
Krystal Payne, Barista Va, belajar bahasa isyarat untuk pelanggan, Ibby Piracha (kanan).

RAKYATKU.COM - Untuk orang tuli, semisal Ibby Piracha. Ketika ingin mendapatkan minuman di Starbucks cand, tentu butuh nilai tinggi, Keterbatasan yang dimilikinya, harus dipahami oleh sang penjual. 

Namun, hal itu tidak berlaku di kedai kopi milik Kristal. Apa yang dialami Ibby ternyata menjadi tantangan pemilik kedai untuk belajar bahasa isyarat bagi pelanggan yang bisu. 

Menururt Kristal Payne, agar pelanggan setianya seperti Ibby ingin membeli minuman, ia tak perlu bersusah payah. Ia ingin kedainya ramai dan digunakan untuk hal bermanfaat.

Olehnya, Kristal rela menunggu Ibby berlama-lama. Bahkan waktu untuk belajar hal itu pun, lebih dari seperti tiga jam.

Loading...

"Jika saya sudah terbiasa dan tetap ingin membuat koneksi dengan dia, saya harus bisa menanyakan apa yang ingin ia minum," kata Krystal.

Hari ini, Krystal tahu sesuatu yang dia butuhkan untuk menunggu Ibby. Namun, menunggu bukan masalah besar. Tapi  sebaliknya, bagi Ibby, dengan keterbatasannya akibat pendengaran yang tak normal sering frustasi.  Bahkan, sesetutu yang dilakukan Krystal, adalah suatu berharga bagi Ibby.  Ia tidak akan pernah lupa. Seluruh catatannya pun tersimpan rapi. 

"Itu sesuatu yang sangat inspiratif, jadi saya ingin tetap dalam bingkai," tutur Krystal.

Loading...
Loading...