Senin, 16 Januari 2017 14:41 WITA

Ketahui! Ini Kewajiban Maskapai ke Penumpang Saat Pesawat Delay

Editor: Jumardin Akas
Ketahui! Ini Kewajiban Maskapai ke Penumpang Saat Pesawat Delay
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Masalah delay atau keterlambatan penerbangan masih menjadi pekerjaan rumah bagi sejumlah maskapai, khususnya di Indonesia.

Delay hingga berjam-jam telah menjadi pemandangan lazim bagi para penumpang burung besi di Indonesia. Namun, tak banyak dari para konsumen ini tahu terkait adanya kewajiban bagi maskapai ke penumpang saat melenceng dari jadwal penerbangan awal.

Menteri Perhubungan RI telah mengeluarkan Peraturan Menteri (PM) No 89 Tahun 2015 tentang Delay Management. Dalam PM tersebut telah diatur waktu delay dan kewajiban bagi maskapai ke penumpang.

Kewajiban itu berupa konsumsi, uang, hingga pengembalian tiket. Jika hal itu tidak dipenuhi, maka penumpang bisa mengadukan ke call center yang telah disediakan.

"Apabila maskapai tidak memberi kompensasi sesuai PM 89 Tahun 2015, silakan laporkan melalui call center 151/021-151," tulis Kemenhub RI lewat akun twitter.

Loading...

Laporan tersebut nantinya akan menjadi bahan evaluasi Ditjen Perhubungan Udara dalam menilai kinerja sebuah maskapai di Indonesia. 

Namun, PM terkait delay pesawat tersebut hanya berlaku jika keterlambatan disebabkan oleh faktor manajemen operasional maskapai. Jika keterlambatan disebabkan cuaca atau bencana, maka hal tersebut tak termasuk kesalahan manajemen.

Berikut urutan waktu delay dan kewajiban pihak maskapai terhadap penumpang pesawat:

Ketahui! Ini Kewajiban Maskapai ke Penumpang Saat Pesawat Delay

Loading...
Loading...