12 January 2017 17:40 WITA

Dewan Kritik PLN Sulselrabar Lamban Sampaikan Penyebab Pemadaman

Editor: Jumardin Akas
Dewan Kritik PLN Sulselrabar Lamban Sampaikan Penyebab Pemadaman
Rapat DPRD Sulsel bersama PLN

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi D DPRD Sulsel mengeritik PLN Sulselrabar yang terkesan lamban menginfokan kepada masyarakat akan adanya pemadaman bergilir. Hal itu disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar di DPRD Sulsel, Kamis (12/1/2017).

"Saya kira yang menjadi masalah dan penting dan secara terus menerus harus dibenahi yaitu manajemen PLN soal komunikasi publik. Ini soal institusi melakukan komunikasi terhadap publik, ini yang saya kira belum menemukan pola," tegas anggota Komisi D DPRD Sulsel, Selle KS Dalle.

Ia memaklumi dengan pemadaman bergilir yang dilakukan PLN, karena persoalan tidak beroperasinya PLTU di Jeneponto. Namun bagi Selle, PLN semestinya mengambil kebijakan lebih awal untuk menyampaikan hal itu kepada masyarakat.

Sebab bagi Selle, sejak pemadaman bergilir dilakukan Sabtu, pekan lalu, PLN dianggap lamban dalam menyebarkan informasi penyebab pemadaman listrik kepada masyarakat.

"Hal-hal seperti ini yang menurut saya, sistem respon cepat ketika ada masalah PLN yang bisa secra cepat sampaikan ke masyarakat. Itu yang harus dibangun PLN. Jadi kalau listrik padam, disampaikan penyebab padamnya karena apa, supaya masyarakat juga bisa memaklumi," tambah Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulsel.

Hal itu juga ditegaskan Ketua Komisi D DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin. Legislator Fraksi Gerindra ini menyebut, jika PLN terkesan lamban dalam memublikasikan penyebab terjadinya pemadaman listrik. Padahal kata dia, PLN Sulselrabar merupakan mitra kerja Komisi D DPRD Sulsel.

"Harusnya cepat, jangan nanti diundang baru ada press release diberikan. Kita ini mitra, meskipun hubungannya langsung ke pusat. Kita harus lakukan komunikasi yang baik," tegas Wawan, sapaan akrab Darmawangsyah.

Bahkan kata dia, tanpa di minta pun, PLN semestinya mengambil inisiatif untuk memberikan informasi kepada Komisi D DPRD Sulsel terkait penyebab terjadinya pemadaman listrik.

"Harusnya langsung kirim surat saja ke DPRD, kita juga tidak sulit-sulit amat ditemui. Hari ini terpaksa harus kita rapat kerja karena komunikasi itu tidak jalan. Ada media sosial, masyarakat harus tahu itu," tutup Wawan.