12 January 2017 17:03 WITA

Siang Ini Tak Ada Pemadaman Listrik, Malam Nanti PLN Tak Jamin

Editor: Jumardin Akas
Siang Ini Tak Ada Pemadaman Listrik, Malam Nanti PLN Tak Jamin
Rapat DPRD Sulsel bersama PLN Sulselrabar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PLN Wilayah Sulselrabar mengungkapkan jika siang ini tidak ada lagi pemadaman listrik bergilir. Hal itu disampaikan GM PLN Sulselrabar, Wasito Adi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi D DPRD Sulsel, Kamis (12/1/2017).

"Mudah-mudahan hari ini, setidaknya siang ini sudah tidak ada pemadaman lagi," kata Wasito Adi.

Ia mengatakan, pemadaman itu tidak lagi terjadi sebab 2 alat penggiling batu bara sebagai bahan bakar PLTU di Jeneponto sudah dapat kembali dioperasikan. Alat penggiling di PLTU Jeneponto sempat tidak dapat beroperasi dikarenakan batu bara yang melengket.

"Jadi secara operasional, batu bara sebelum masuk ruang bakar, itu digiling dulu. Nah ini kondisi (batu bara)basah sekali, dan lengket di mesin penggiling. Dan sementara persediaan batu bara di bunker itu sedemikian banyak, itu harus dikeluarkan dulu. Inilah yang membutuhkan waktu lama karena harus dikerjakan manual," jelasnya.

Ia mengatakan, dari total empat mesin penggiling batu bara, baru dua yang sudah dapat beroperasi. Sehingga menurutnya, PLTU Jeneponto sudah dapat beroperasi, meskipun daya yang dihasilkan belum maksimal.

"PLTU Jeneponto milik Bosowa Energy ini punya daya 200 Megawatt. Sekarang sudah berfungsi, tapi dengan kapasitas maksimal belum 200 (Megawatt), sekarang cuma sekitar 150 Megawatt," ungkapnya.

Sehingga menurut dia, untuk siang ini pemadaman listrik bergilir tidak lagi terjadi. Hanya saja, malam hari nanti pihaknya belum bisa menjamin tidak akan terjadi pemadaman.

"Siang ini tidak lagi. Tapi nanti malam kita liat kalau tetap 150 Megawatt, bisa jadi masih ada pemadaman. Karena ini sifatnya tidak bisa langsung, kami akan terus memantau. Cuma kami tidak bisa pastikan," tutup Wasito.