Kamis, 12 Januari 2017 17:01 WITA

Kopemda Amanah Maros Berhasil Capai Omset Usaha Rp11 Milyar 

Editor: Almaliki
Kopemda Amanah Maros Berhasil Capai Omset Usaha Rp11 Milyar 

RAKYATKU.COM, MAROS - Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) atau Koperasi Pegawai Daerah (Kopemda) Amanah Kabupaten Maros menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-35 tahun buku 2016 di Aula Al Markaz Maros, Kamis (12/1/2017).

Ketua KPRI-Kopemda Amanah Maros, M Wasir Ali mengemukakan koperasi yang sebagian besar anggotanya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Maros ini, senantiasa meningkatkan pelayanan untuk menunjang kesejahteraan anggotanya, dan setiap tahun mengalami peningkatan.

Jumlah anggota Kopemda Amanah Maros per 1 Januari 2016 sebanyak 1.235. Sementara anggota baru yang masuk tahun 2016 sebanyak 84 orang. Pun omset usaha simpan pinjam saat ini sebesar Rp11 miliar lebih. 

"Selain simpan pinjam, unit usaha pertokoan juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan anggota. Bahkan kepada para anggota diberikan paket hari raya," ungkapnya.

Untuk omset tahun 2016 sebesar Rp500 juta lebih, unit usaha pertokoan memeroleh laba sebesar Rp192 juta lebih atau naik sekitar 94 persen, jika dibanding laba tahun lalu yang berjumlah Rp93 juta lebih.

"Tahun ini Kopemda Amanah Maros akan mengembangkan usaha pertokoan model mini market. Sesuai kebijakan Pemprov Sulsel dalam pengembangan UMKM dan koperasi, kita terpilih menjadi koperasi inti di Kabupaten Maros dan sebagai percontohan model Gubernur Sayang-Mart," ujarnya.

Selanjutnya disampaikan bahwa pengelolaan Kopemda Amanah Maros sejalan dengan visi Kabupaten Maros tahun 2016-2021, yakni pada Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Serta sebagai mitra Pemkab Maros dalam mewujudkan visi: Maros Lebih Sejahtera 2021.

"Apalagi potensi anggota masih cukup besar, dari 7.630 ASN Pemkab Maros, baru 1.235 yang menjadi anggota atau 14 persen. Sehingga potensi anggota masih sangat terbuka untuk dikembangkan," tambahnya.

Bupati Maros M Hatta Rahman yang membuka RAT ini menyampaikan, bahwa Maros saat ini menjadi daerah dengan pertumbuhan UMKM tertinggi di Sulsel dengan tingkat pertumbuhan 47 persen, berdasarkan hasil Sensus Ekonomi tahun 2015.

"Kita berharap seluruh bagian organisasi di Maros berprestasi. Kemampuan ditingkatkan terus, ada target yang harus dicapai, dan menjadi jauh lebih baik di masa mendatang," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Syamsu Alam Ibrahim yang menghadiri RAT ini mengatakan, di Maros ada beberapa koperasi besar, Kopemda Amanah Maros termasuk koperasi terbesar dengan perkembangan yang baik yang dikelola oleh tenaga profesional.

"Sebagai koperasi unggulan di Kabupaten Maros, Kopemda Amanah Maros menjadi koperasi percontohan di Sulsel, terutama untuk Gubernur Sayang-Mart," ungkapnya.

Selanjutnya, sesuai peraturan Gubernur Sulsel, bahwa koperasi unggulan di setiap kabupaten dibina oleh BUMN/BUMD, maka untuk Kopemda Amanah Maros ditunjuk PT Angkasa Pura I sebagai mitra.