12 January 2017 16:26 WITA

Oknum Mahasiswa Dorong Kapolsek, Unjuk Rasa 121 Nyaris Ricuh

Editor: Jumardin Akas
Oknum Mahasiswa Dorong Kapolsek, Unjuk Rasa 121 Nyaris Ricuh
Aksi 121 di depan Kampus Unismuh Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Aksi unjuk rasa bela rakyat 121 yang dilakukan elemen mahasiswa di Jalan Sultan Alauddin, depan Kampus Unismuh Makassar nyaris ricuh. 

Para peserta aksi tanpa atribut yang mengatasnamakan mahasiswa Unismuh Makassar tersebut dilakukan pukul 14:30 Wita. Sebelumnya, BEM Unismuh yang melakukan aksi di tempat yang sama telah beranjak ke flyover, Jl Urip Sumoharjo.

Anggota TNI dan Polri pun melakukan pengawalan ketat terhadap para pengunjuk rasa. Aparat beberapa kali menggagalkan upaya mahasiswa yang ingin menahan kendaraan yang akan dipakai menutup jalan dan dijadikan panggung orasi.

Beberapa kendaraan berhasil lewat setelah pihak kepolisian berusaha menghalau demonstran dan membuka jalan bagi para pengguna kendaraan roda empat dan roda dua.

Situasi akhirnya memanas saat seorang pengunjuk rasa kembali ingin menahan kendaraan. Beberapa pengunjuk rasa memaksa mengentikan sebuah mobil.  Saat itulah seorang pengunjuk rasa mendorong Kapoksek Rappocini, Kompol Agung Roy saat berusaha membuka jalan bagi pengendara.

Aksi dorong terhadap kapolsek tersebut memicu ketegangan. Seorang anggota TNI yang bertugas melakukan tindakan tegas. Ia mendesak okmun pengunjuk rasa agar menyingkir dan mengakibatkan terjadi adu mulut.

"Kenapa Kapolsek didorong?," ungkap salah satu anggota TNI di tengah kerumunan massa.

Sementara itu, salah satu peserta aksi membalas dengan mengatakan jika dirinya hanya ingin berorasi dan tidak membahayakan negara. "Saya tidak membahayakan keamanan negara, kenapa dihalangi oleh TNI," ungkapnya.

Hingga pukul 15:30 wita, pengunjuk rasa di depan Kampus Unismuh Makassar bertambah banyak dengan bergabungnya mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sementara itu, kemacetan di Jalan Sultan Alauddin bertambah parah lantaran massa tumpah di tengah jalan. LIHAT VIDEO KETEGANGAN MASSA DAN APARAT: