12 January 2017 16:08 WITA

Wabup Tana Toraja Bakal Mengadu ke Kemenhub

Editor: Andi Chaerul Fadli
Wabup Tana Toraja Bakal Mengadu ke Kemenhub

RAKYATKU.COM, TORAJA - Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara akan melaporkan pelaksana proyek pembangunan Jalan Poros Enrekang-Tana Toraja ke Kementrian Perhubungan. Selain pelaksana proyek, Viktor juga akan melaporkan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Makassar.

Pasalnya, warga di tiga kecamatan di Tana Toraja terancam infeksi penyakit saluran pernapasan akibat penimbunan jalan. Rencananya, pelaporan itu akan dilakukan di sela-sela kunjungannya ke Jakarta pekan depan.

"Besok saya hadiri rapat koordinasi kedatangan Pak JK di Jakarta. Ya sekaligus laporkan pelaksana proyek ke Kemenhub," kata dia, Kamis (12/1/2017).

Debu penimbunan jalan itu dinilai meresahkan warga sekitar. Bukan tidak mungkin, kata dia, akan ada yang menjadi korban jika dibiarkan terus menerus.

Selain berdebu, kondisi jalan juga bergelombang. Bahkan banyak yang berlubang, tergerus air apabila diguyur hujan.

Harusnya, kata dia, pelaksana proyek dalam hal ini PT Nindya Karya mengutamakan serta memperhatikan kesehatan warga. "Ini terkesan pembiaran yang mereka (pelaksana proyek) lakukan. Tidak bisa dibiarkan. Ini mengancam warga," tambahnya.

Pasca ditimbun 6 bulan lalu, tiap hari Jalan Poros Makale- Enrekang- Rantepao di tiga kecamatan diselimuti debu. Warga mengancam akan memblokir jalan jika pelaksana proyek tidak segera melakukan pengaspalan.

Tiga kecamatan yang terserang debu antara lain Mengkendek, Makale, dan Kecamatan Makale Utara.