12 January 2017 15:14 WITA

Jadwal Pendaftaran Pendamping Desa Tunggu Petunjuk dari Kemendes

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jadwal Pendaftaran Pendamping Desa Tunggu Petunjuk dari Kemendes
Kepala Dinas Pembinaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sulsel, Mustari Soba

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pendaftaran tenaga pendamping desa di Sulawesi Selatan direncanakan berlangsung bulan ini. Hanya saja, jadwal dan prosedur pendaftaran masih menunggu dari Kementerian Desa.

"Nanti dilihat di websitenya Kemendes. Persyaratannya juga tertera disitu langsung," ujar Kepala Dinas Pembinaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sulsel, Mustari Soba saat ditemui Rakyatku.com, Kamis (12/1/2017). Meski demikian, kata dia, jadwal yang direncanakan itu masih memungkinkan diundur hingga Maret nanti. 

Tahun ini, Pemerintah Sulawesi Selatan membutuhkan sekitar 300 hingga 500 tenaga pendamping desa. Mustari mengatakan, perekrutan tenaga pendamping sejatinya telah dilakukan. Hanya saja, banyak pendaftar yang gugur karena tidak memenuhi standar dari Bank Dunia.

"Insya allah kita akan melakukan rekrutmen kembali di pertengahan Januari. Sudah ada pemberitahuan dari Kementrian Desa melalui direktur PMD," tambahnya.

Selain banyaknya nilai standar yang diterapkan, kondisi minimnya tenaga pendamping juga dipengaruhi anggaran. "Karena keterbatasan anggaran. Sehingga satu pendamping desa harus membina dua sampai tiga desa," ungkap Mustari.

Untuk perekrutan mendatang, kata dia, pemerintah Sulsel akan mengutamakan sumber daya manusia dari kabupaten masing-masing. Tapi tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan pengiriman tenaga pendamping desa ke kabupaten lainnya.