12 January 2017 12:42 WITA

Donald Trump Sebuat Informasi Intel AS Tentang Dirinya "Omong Kosong"

Editor: Suriawati
Donald Trump Sebuat Informasi Intel AS Tentang Dirinya
Donald Trump

RAKYATKU.COM - Presiden AS terpilih Donald Trump menyebut tuduhan tidak berdasar yang mengklaim bahwa Rusia memiliki informasi memalukan tentang dirinya, sebagai "omong kosong."

"Hal seperti itu seharusnya tidak pernah ditulis! Harusnya tidak! Dan itu harusnya tidak pernah dirilis," kata Trump selama konferensi pers pertamanya setelah terpilih, dikutip dari Abc News.

"Saya ingin berterima kasih banyak pada organisasi berita di sini karena mereka melihat bahwa omong kosong yang dirilis oleh, mungkin badan intelijen? Siapa yang tahu!" katanya.

Sebelumnya, Trump juga telah menulis klarifikasi di Twitter, menagatakan tuduhan itu sebagai berita palsu. "Saya membaca informasi di luar pertemuan. Ini semua berita palsu. Hal-hal palsu. Itu tidak terjadi," katanya.

Sementara itu, intelijen AS sendiri tidak pernah mengeluarkan komentar secara resmi bahwa Rusia memiliki informasi mengenai Trump.

Desas desus ini muncul setelah Trump terus memuji Rusia dan Presiden Vladimir Putin. Rusia juga dituduh mempengaruhi pemilu AS, dan merupakan dalang dalam serangan cryber terhadap Demokrat.

Menanggapi tuduhan hacking, Donald Trump mengatakan bahwa itu mungkin saja dilakukan Rusia, atau bisa jadi pihak lain. "Soal hacking, saya pikir itu Rusia, tapi saya juga berpikir kita sudah diretas oleh negara-negara lain, orang lain," katanya, tanpa mengesampingkan Cina.

Dia juga megatakan bahwa kalaupun Rusia melakukan itu, mereka akan berhenti setelah ia masuk kantor.

"Dia tidak akan melakukan hal itu. Rusia akan lebih menghormati negara kita saat saya memimpin... Anda akan melihat bahwa Rusia akan menghormati negara kita lagi. Dia seharusnya tidak melakukan itu," kata Trump.