Kamis, 12 Januari 2017 11:50 WITA

Donald Trump Akan Mulai Pembangunan Tembok di Perbatasan Meksiko

Editor: Suriawati
Donald Trump Akan Mulai Pembangunan Tembok di Perbatasan Meksiko
Donald Trump

RAKYATKU.COM - Presiden AS terpilih, Donald Trump pada hari Kamis (12/01) mengatakan bahwa negosiasi yang tertunda dengan pemerintah Meksiko akan segera dilanjutkan. 

"Kami akan membangun dinding," kata Trump pada wartawan selama konferensi pers pertamanya dalam enam bulan.

baca juga: Tak Perlu Bangun Tembok, Imigran Mulai Takut Masuk AS Sejak Trump Menang

"Saya bisa menunggu sekitar satu setengah tahun sampai kami menyelesaikan negosiasi dengan Meksiko, yang akan dimulai segera setelah kami memasuki kantor. Tapi saya tidak ingin menunggu. Mike Pence akan memimpin upaya untuk mendapatkan persetujuan akhir melalui berbagai instansi dan melalui Kongres untuk memulai (pembangunan) tembok," kata Trump.

Donald Trump melanjutkan, Ia tidak bisa menunggu sampai negosiasi selesai. Dia ingin mulai membangun tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko akan biayanya akan dibayar oleh Meksiko. "Kami akan mulai membangun. Meksiko... akan mengembalikan uang kami untuk biaya tembok," tegas Trump.

"Meksiko telah begitu baik, begitu baik. Saya menghormati pemerintah Meksiko. Saya menghormati orang-orang Meksiko. Saya suka orang-orang Meksiko. Banyak orang dari Meksiko yang bekerja untuk saya. Mereka orang-orang yang fenomenal. Pemerintah Meksiko hebat. Saya tidak menyalahkan mereka atas apa yang terjadi. Saya tidak menyalahkan mereka untuk mengambil keuntungan dari Amerika Serikat," katanya.

Donald Trump Akan Mulai Pembangunan Tembok di Perbatasan MeksikoTapi sejauh ini Meksiko telah menyatakan tidak akan mengeluarkan uang untuk itu.

Membangun tembok di perbatasan adalah janji Trump selama kampanye. Dia juga akan mendeportasi jutaan migran Meksiko yang tidak berdokumen dari Amerika Serikat.

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto telah mengatakan bahwa "tentu saja" negaranya tidak akan membayar tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Menteri Luar Negeri baru Meksiko Luis Videgaray juga mengatakan tidak mungkin negaranya akan membayarnya.

Biaya membangun tembok di perbatasan diperkirakan mencapai Rp325 triliun.