12 January 2017 10:19 WITA

Bawa Gambar ISIS, 8 Mahasiswa Indonesia Ditangkap di Singapura

Editor: Suriawati
Bawa Gambar ISIS, 8 Mahasiswa Indonesia Ditangkap di Singapura
Woodlands Checkpoint

RAKYATKU.COM - Delapan mahasiswa Indonesia ditangkap oleh otoritas Singapore di Woodlands Checkpoint, Rabu dini hari (11/01). Mereka diduga memiliki materi Negara Islam.

Kelompok ini ditangkap ketika mencoba untuk memasuki Singapura sekitar pukul 01:30. Salah satu dari mereka ditemukan membawa gambar Negara Islam (termasuk bom rakitan) di ponselnya.

"Selama pemeriksaan, petugas imigrasi menemukan gambar militansi Daesh termasuk bom rakitan menggunakan sepatu di salah satu ponsel tersangka," kata seorang sumber. Daesh merupakan singkatan yang berbeda untuk ISIS.

Mereka kemudian diserahkan ke polisi Malaysia untuk penyelidikan lebih lanjut. Menurut Bernama, polisi menahan mereka sekitar pukul 02:30 sampai 09:00 pagi.  Setelah menginterogasi mereka, dan tersangka mengatakan bahwa mereka memperoleh gambar itu dari group Whatsapp.

Kelompok ini kemudian dideportasi ke Batam, Indonesia dengan feri sebelum ditahan oleh polisi Indonesia.

Menurut Straitstimes, mereka adalah mahasiswa Sekolah Pondok, Darul Hadits, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Mereka telah berada di negara itu sejak 3 Januari untuk mencari perawatan medis, karena salah satu mereka sedang sakir.

Namun, empat hari kemudian, mereka menghabiskan malam di Perlis sebelum menuju ke Pattani, Thailand, untuk belajar tentang sistem pendidikan di Dewan Pendidikan Islam.

Menurut sumber, tersangka kembali ke Malaysia pada hari Senin untuk memasuki Singapura melalui perbatasan Johor.

Tags
ISIS