12 January 2017 06:01 WITA

Wakapolres: Polisi Tak Sungkan Lumpuhkan Pelaku Kejahatan

Editor: Jumardin Akas
Wakapolres: Polisi Tak Sungkan Lumpuhkan Pelaku Kejahatan
Wakapolrestabes Makassar AKBP Hotman Sirait

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakapolrestabes Makassar AKBP Hotman Sirait menegaskan jika pihak kepolisian akan tetap memberikan tindakan tegas kepada pelaku tindak kejahatan agar memberikan efek jera.

"Saya kira kami akan tetap melakukan tindakan tegas apalagi kalau mereka melawan petugas. Dengan tindakan tegas (melumpuhkan) itu akan menjadi efek jera," ujar Norman Sirait di polrestabes Makassar, Rabu (1/11/2017).

Hal itu dilakukan agar pelaku tindak kejahatan di masyarakat berkurang. Menurutnya, ketika melihat keadaan tersangka  telah dilumpuhkan, maka pelaku lain bisa ragu-ragu untuk melakukan kejahatan.

"Ke depan angka kejahatan di Makassar harus berkurang, awal tahun saja sudah berjumlah 86 dan 40% dari pelaku itu berasal dari anak-anak dibawa umur, itu harus menjadi keprihatinan kita semua," tuturnya.

Selain itu, katanya, masyarakat juga harus berperan aktif dalam meminimalisir pelaku kejahatan. Semua pihak terkait harus ikut berperan aktif dalam hal ini.

"Tindakan tegas dari kepolisian untuk memberikan jawaban kepada masyarakat agar bersama-sama meminimalisir tindakan dan jangan berikan adanya kesempatan buat pelaku kejahatan melakukan niat kejahatan," imbuhnya.

Sebab, masyarakat kadang memberikan kesempatan kepada pelaku kejahatan untuk melangsungkan niatnya beraksi di tengah-tengah masyarakat yang lengah.

"Makanya masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya. Jangan berikan ruang kepada pelaku kejahatan dalam melanjutkan tindakannya," katanya.

"Tinggalan bagaimana warga berupaya untuk menjaga diri masing-masing dan tetap berkoordinasi dengan aparat keamanan. Menjaga hartal bendanya dari pelaku tindak kejahatan," tutupnya