11 January 2017 12:41 WITA

Besok, WNA Asal China Ini Akan Dideportasi

Editor: Vkar Sammana
Besok, WNA Asal China Ini Akan Dideportasi

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Huang Hua Ying (50) warga negara asing (WNA) asal China yang diamankan oleh Intel Kodim 1403/Sawerigading bersama Polres Palopo dan Imigrasi Palopo rencananya akan dideportasi ke negara asalnya, Kamis (12/1/2017). 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Parepare, Heykel, Rabu(11/1/2017). Ia mengatakan, hari ini, Huang akan diberangkatkan ke Makassar.

"Siang ini akan kita berangkatkan ke Makassar lalu diterbangkan ke Jakarta dengan pengawalan ketat dari petugas imigrasi Palopo untuk selanjutnya, besok sekitar pukul 09.00 alan dikembalikan ke negaranya," urainya

Heykel memaparkan jika Huang masuk ke Indonesia dengan menggunakan visa B211 atau Visa kunjungan atau wisata yang berarti yang bersangkutan melanggar telah melanggar aturan Keimigrasian yaitu UU Keimigrasian No.6 Tahun 2011.

"Dimana WNA ini  telah melakukan kegiatan berjualan yang mana tidak sesuai dengan ijin tinggal yang dimilikinya berupa Visa Kunjungan,"tandasnya.

Terkait dengan WNA yang melakukan modus serupa yang dilakukan oleh Huang, Heykel menjelaskan jika hal tersebut bisa saja terjadi.

"Makanya kita terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar hal serupa bisa kita talangi," terangnya.

Penagkapan terhadap Huang berawal dari laporan masyarakat tentang keberadaan WNA asal cina yang berjualan jam tangan dan perhiasan emas imitasi di Pusat Niaga Palopo.

Laporan tersebut selanjutnya ditindaklanjuti oleh  tim gabungan yang terdiri dari personil Unit Intel Kodim 1403/Saweigading bersama personel Polres Palopo  dan Imigrasi Palopo .

Selanjutnya, WNA tersebut dibawa ke tempat kostnya yang berlokasi di Masamba untuk mengambil barang-barang miliknya dan kemudian digelandang ke kantor Imigrasi Kota Palopo untuk diperiksa lebih lanjut.

Saat diinterogasi petugas, yang bersangkutan mengakui jika identitas yang tercantum dalam paspor yang dikatonginya adalah benar identitas dirinya dan selama ini tinggal ngekost di dekat Pasar sentral Masamba. Huang tiba di Masamba pada 20 Desember 2016 lalu, dan sudah beberapa kali berjualan di Pusat Niaga Palopo.