Rabu, 11 Januari 2017 11:41 WITA

Pengurus Gerindra Sulsel Wajib Menangkan Prabowo

Editor: Mulyadi Abdillah
Pengurus Gerindra Sulsel Wajib Menangkan Prabowo
Prabowo Subianto (tengah) saat bersama Idris Manggabarani (kanan) dan La Tinro La Tunrung. Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto hampir pasti akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. 

Sejumlah persiapan sudah dilakukan di internal Partai Gerindra. Misalnya di Gerindra Sulsel. Para pengurus di era Idris Manggabarani wajib meneken pakta integritas yang salah satunya berisi memenangkan Prabowo Subianto.

"Ada beberapa syarat dalam pakta integritas. Tapi yang paling utama itu mereka bersedia memenangkan usungan Gerindra di Pilkada dan memenangkan Pak Prabowo sebagai calon Presiden," ucap Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani.

Idris Manggabarani adalah ketua baru yang menggantikan La Tinro La Tunrung. Mantan Calon Wali Kota Makassar itu kini sedang menyusun struktur pengurus barunya.

"Semuanya (calon pengurus) wajib tanda tangan pakta integritas. Karena kalau dia tidak mau tanda tangan pakta integritas, bahwa dia bersedia menyerahkan tenaga waktu dan pikiran untuk kepengurusan ini, saya tidak akan masukkan," tegas Idris Manggabarani.

Pengurus Gerindra Sulsel Wajib Menangkan Prabowo

Pengusaha properti ini menegaskan, dirinya tidak ingin asal memasukkan kader partai untuk masuk ke dalam jajaran pengurusnya. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi kata dia. Seluruh persyaratan itu, tertuang di dalam pakta integritas.

Di awal kepemimpinannya ini, Idris mengaku akan mempertahankan prestasi yang diraih Partai Gerindra Sulsel di periode sebelumnya. Terutama dalam berbagai momen politik. Diakui Idris, ada banyak cara yang akan dilakukan untuk membesarkan Partai Gerindra.

"Makanya saya mau bilang, mempertahankan prestasi itu sebenarnya bukan hal yang mudah. Apa lagi saat Pilkada. Pokoknya harus ada kesediaan dari calon pengurus semua untuk memenangkan usungan partai. Masa ada pengurus yang tidak mau menangkan kadernya, yang benar aja," ujarnya.

Pengurus Gerindra Sulsel Wajib Menangkan Prabowo

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika pada akhirnya terdapat pengurus yang tidak mematuhi aturan yang ada dalam pakta integritas tersebut, pihaknya akan mengambil langkah tegas. "Kita akan evaluasi, tidak bisa ikut di ruang politik. Gampang kan mengatasinya," ucap Idris.

Sebelumnya, ia mengungkapkan, di masa kepemimpinannya ini, ia masih banyak memasukkan kader partai yang sebelumnya menjadi pengurus di era La Tinro La Tunrung. Hanya ada 60 kader partai yang akan menjadi pengurus DPD Gerindra Sulsel

Selain itu, 11 kadernya yang duduk sebagai legislator di DPRD Sulsel, semuanya masuk dalam struktur pengurus. 11 legislatornya itu, masing-masing sudah mendapat jatah di jajaran pengurus. Sementara Ketua DPC Gerindra Palopo Marjono, dan Ketua DPC Gerindra Gowa Darmawangsyah Muin, dipastikan naik kelas dan masuk ke dalam struktur pengurus DPD Gerindra Sulsel.

Yang pasti baru satu, Rusdin Tabi yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sulsel dipercayakan sebagai Sekretaris. Empat lainnya akan menempati jabatan Wakil Ketua, tiga Wakil Sekretaris, dan tiga Wakil Bendahara.