11 January 2017 07:51 WITA

Sulsel Butuh Tambahan Tenaga Pendamping Desa

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sulsel Butuh Tambahan Tenaga Pendamping Desa
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sulsel, Mustari Soba.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jumlah tenaga pendamping desa di Sulawesi Selatan berkisar 300 hingga 500 orang. Sementara jumlah desa di Sulsel mencapai 2.400-an pada Februari 2015. Artinya, satu tenaga pendamping desa rata-rata membina empat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sulsel, Mustari Soba mengatakan, jumlah ini masih terbilang kurang. Katanya, satu desa idealnya dibina satu pendamping.

Baca juga:

"Mungkin pertengahan Januari kami akan lakukan rekrutmen ulang dan sudah ada pemberitahuan dari Kementerian Desa. Dan kami diminta agar dilakukan pendataan kembali berapa kebutuhan tenaga pendamping desa," kata Mustari, Selasa (10/1/2016).

DPMD Sulsel sejatinya telah melakukan rekrutmen baru-baru ini. Hanya saja, banyak nilai standar yang mesti diterapkan. Sehingga banyak calon tenaga pendamping yang gugur.

Selain banyaknya nilai standar yang diterapkan, kondisi minimnya tenaga pendamping juga dipengaruhi anggaran. "Karena keterbatasan anggaran. Sehingga satu pendamping desa harus membina dua sampai tiga desa," ungkap Mustari.

Untuk perekrutan mendatang, kata dia, pemerintah Sulsel akan mengutamakan sumber daya manusia dari kabupaten masing-masing. Tapi tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan pengiriman tenaga pendamping desa ke kabupaten lainnya.

"Misalnya ada satu kabupaten, ada jurusan yang sama lima yang lulus dan tidak mungkin saya tempatkan di kabupaten yang sama. Otomatis akan dikirim ke kabupaten lain yang peminatnya tidak ada. Baru-baru terjadi dan kami dilaporkan ke Ombudsman," jelasnya.