Selasa, 10 Januari 2017 23:36 WITA

Berikut Plat Kendaraan di Indonesia yang Sulit Ditilang

Editor: Almaliki
Berikut Plat Kendaraan di Indonesia yang Sulit Ditilang

RAKYATKU.COM, GOWA - Beberapa kode plat kendaraan di Indonesia ternyata ada yang tak bisa ditilang secara biasa. Penertibannyanya pun harus secara khusus. Hal itu sesuai keputusan Kepala Korps Lalulintas Polri tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NKRB).

Para pengendara tersebut adalah mereka yang membawa nama lembaga yakni TNI, Polri dan organisasi masyarakat (Ormas).

Contohnya antara lain yakni BPK, BPS, DPR, DPD, DKI, FPI, FBR, HMI, INA, KKO, KPK, MTQ, MUI, MPR, PDI, PPP, PAN, PKB, PLN, PKS, PBB, PKP, PRD, PDS, PPD, PNI, PBR, POL dan TNI. Kode plat di atas hanya bisa diterbitkan secara khusus berdasarkan pertimbangan tertentu.

"Dari kode seri plat tersebut memang tidak bisa diterbitkan, terkecuali kendaraan tertentu, itupun harus ada persetujuan yang sudah dipertimbangkan," kata Ipda Hasanang, Pakor Samsat Gowa, Selasa (10/1/2017).

Sementara untuk pengurusan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan, kata Hasanang, itu diurus di PNBP untuk membayar pungutan sesuai dengan nomor pilihan yang dipilihnya.

Berikut Plat Kendaraan di Indonesia yang Sulit Ditilang

"NKRB pilihan, dipungut biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Setelah bayar, pemohon selanjutnya diberikan pilihan NRKB yang berlaku selama 5 tahun," ucap Hasanang.

Sementara untuk NRKB pilihan yang tidak pungut biaya sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016 termasuk peruntukan pejabat tingkat provinsi dan kabupaten atau kota.

Berikut Plat Kendaraan di Indonesia yang Sulit Ditilang

"Untuk nomor plat pilihan tidak dipungut biaya bagi pejabat. Termasuk DD 1 untuk pejabat dan banyak lagi plat lainnya," kata Hasanang.

Saat ini, tambahnya, untuk wilayah Kabupaten Gowa belum ada permohonan masuk untuk pengguna nomor plat cantik.

"Kalau di Gowa sendiri belum ada masuk, tapi untuk wilayah Sulsel sudah ada satu masuk, tetapi bukan dari Kabupaten Gowa," tutup Hasanang.

Tags