Selasa, 10 Januari 2017 06:00 WITA

Proyeknya Sebabkan Banjir, PT GMTD Tbk Siap Tanggungjawab

Penulis: Nurhikmah
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Proyeknya Sebabkan Banjir, PT GMTD Tbk Siap Tanggungjawab

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - PT GMTD Tbk dan PT Rancang Komunika Mandiri (RKM) siap bertanggungjawab setelah menjadi peneybab banjir di Jalan Manunggal 22 RT 11/RW 6 Kelurahan Macini Sombala, Kecamatan Tamalate, Makassar. Banjir itu diduga disebabkan timbunan proyeknya. 

"Kami siap menunjukkan itikad baik untuk membantu korban banjir," terang Public Relation PT GMTD Tbk, Hasrul, kepada Rakyatku.com.

PT GMTD dan RKM, lanjut Hasrul, melakukan reaksi cepat. Dengan mengalirkan air genangan ke kanal Jongaya dan membongkar talud, serta  menggali saluran.  

"Air yang menggenangi kelurahan Maccini Sombala sudah dapat dialirkan," sambung Hasrul. Menurutnya lagi, PT GMTD Tbk masih akan terus memonitor. Jika diperlukan, maka pembongkaran tanggul lain juga dilakukan.
 
Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, mengancam menahan izin proyek PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate. 

Pasalnya, hingga saat ini proyek tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

loading...

Selain itu, pengerjaan berupa penimbunan lahan yang dilakukan GMTD itu disinyalir telah mengakibatkan terjadinya banjir RT 11/RW 6 Jalan Manunggal 22.

"Apabila pihak yang bersangkutan (GMTD) tidak dapat memberikan jaminan bahwa kejadian yang sama tidak akan terulang kembali, maka pembangunannya akan hentikan sementara waktu," kata Danny saat meninjau lokasi banjir, kemarin. 

Hal itu dibuktikan Danny Pomanto, yang langsung memerintahkan pembongkaran paksa lahan proyek GMTD yang telah ditimbun.  Satu unit excavator, satu unit bachoe loader dan satu unit excavator amphibius diturunkan untuk membuka saluran air yang ikut tertimbun. 

Tags
Loading...
Loading...