Senin, 09 Januari 2017 22:11 WITA

Sebabkan Banjir, Walikota Makassar Hentikan Paksa Proyek GMTD

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Sebabkan Banjir, Walikota Makassar Hentikan Paksa Proyek GMTD
Walikota Makassar, Danny Pomanto, saat memantau proyek timbunan PT GMTD Tbk di di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Senin (9/1/2017). Foto: Sartika Marzuki.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, akan menahan izin proyek PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate. Pasalnya, hingga saat ini proyek tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

Selain itu, pengerjaan berupa penimbunan lahan yang dilakukan GMTD itu disinyalir telah mengakibatkan terjadinya banjir RT 11/RW 6 Jalan Manunggal 22.

"Apabila pihak yang bersangkutan (GMTD) tidak dapat memberikan jaminan bahwa kejadian yang sama tidak akan terulang kembali, maka pembangunannya akan hentikan sementara waktu," kata Danny saat meninjau lokasi banjir, Senin (9/1/2017).

Hal itu dibuktikan Danny Pomanto, yang langsung memerintahkan pembongkaran paksa lahan proyek GMTD yang telah ditimbun.  Satu unit excavator, satu unit bachoe loader dan satu unit excavator amphibius diturunkan untuk membuka saluran air yang ikut tertimbun.

Sebabkan Banjir, Walikota Makassar Hentikan Paksa Proyek GMTD

loading...

Pria lulusan arsitektur Universitas Hasanuddin tersebut mengatakan tindakan GMTD yang memulai pengerjaan proyek tanpa izin sudah sangat kelewatan. Apalagi sampai melakukan penutupan saluran air yang menyebabkan terjadinya banjir di pemukiman warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Penataan Ruang, Ahmad Kafrawi mengakui proyek pembangunan GMTD di kawasan tersebut memang belum mengantongi IMB.

"Proyek itu memang belum memiliki IMB. Kita juga belum tahu jenis bangunan apa yang akan dibangun di lokasi itu. Besok pagi kami (DTRB) akan melakukan pemanggilan kepada pihak yang bersangkutan dan menggelar rapat bersama Pak Wali Kota," pungkasnya.

Tags
Loading...
Loading...