Jumat, 06 Mei 2016 18:45 WITA

Wali Kota Makassar Sambut Ajakan Adnan Gugat BPJS Kesehatan

Penulis: Trio Rimbawan
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Wali Kota Makassar Sambut Ajakan Adnan Gugat BPJS Kesehatan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, mendukung rencana Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL menggugat BPJS Kesehatan ke Mahkamah Konstitusi. Menurut Danny, dukungannya tersebut bukan tanpa dasar. Sebab, Adnan berangkat dari niat untuk kepentingan masyarakat. 

"Kalau saya, untuk kebaikan masyarakat pasti saya dukung. Dimana kehadiran negara dalam nawacita kalau ada komersialisasi?" ucap Danny, saat dikonfirmasi lewat telpon genggamnya, Jumat (6/5/2016).

Kendati demikian, Danny berharap pihak penggugat harus juga punya konsep yang baik. Serta solusi yang bagus untuk ditawarkan kepada BPJS Kesehatan.
Sebelumnya, Adnan mengajak seluruh kepala daerah melakukan gugatan BPJS Kesehatan di MK. Ajakan itu dilontarkan Adnan saat menghadiri rapat forum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Sahid Sudirman Center, Jakarta, Kamis (5/5/2016). Mantan anggota DPRD Sulsel dua periode ini, menyebut BPJS Kesehatan yang diwajibkan pada warga dengan iuran per bulannya telah menyalahi UUD 1945. 

loading...

Ia pun menyebut BPJS kesehatan tersebut sangat memberatkan masyarakat. Bahkan sudah mengebiri hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Belum lagi buruknya pelayanan untuk mereka yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS. Adnan mencontohkan di Kabupaten Gowa, yang sudah sejak lama menjalankan program kesehatan gratis, terganggu dengan BPJS Kesehatan. 

Pasalnya, warga yang selama ini bisa berobat dengan gratis hanya dengan menggunakan KTP dan KK, kini dihalangi mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari daerah dengan adanya aturan terkait BPJS. "Sudah kewajiban negara memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, bukan menambah beban masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Loading...
Loading...