Rabu, 04 Januari 2017 08:24 WITA

100 Hektar Lahan Bendung Pamukkulu Dibebaskan Tahun 2017

Editor: Andi Chaerul Fadli
100 Hektar Lahan Bendung Pamukkulu Dibebaskan Tahun 2017
Andi Darmawan Bintang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pembangunan megaproyek Bendung Pamukkulu di Takalar yang sempat terkendala pembebasan lahan mulai berjalan. Pemerintah Sulawesi Selatan bakal membebaskan lahan 100 hektar (ha) untuk proyek yang bersumber dari APBN itu.

"Tahun 2017 itu pembebasan lahan untuk Pamukkulu sudah ditetapkan 100 hektar lahan. Tapi ada juga daerah lindung yang akan dimintakan persetujuannya. Yang jelas sudah masuk pembebasan lahan," ujar Kepala Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air (PSDA) Sulsel,  Andi Darmawan Bintang kepada Rakyatku.com, Rabu (4/1/2017).

Secra umum, kata dia, progres proyek bendungan dan bendung di luar prediksi. Namun, beberapa di antaranya juga mengalami hambatan, termasuk pada Bendungan Karalloe. Darmawan berharap pembebasan lahannya dapat lancar dan sesuai target setelah disosialisasikan sebelumnya.

"Bendung dalam tataran perkembangan yang lebih dari prediksi. Berjalan sesuai dengan perencanaan konstruksinya. Memang ada beberapa progres yang ketinggalan. Tapi kedepannya kita tentu harus bisa capai yang lebih tinggi dari yang kemarin," kata Darmawan.

Dana pembebasan lahan bendung ini diperkirakan mencapai hingga Rp229 miliar. Dengan persentase dari APBN 50 persen, APBD Provinsi Sulsel 20 persen, dan APBD Kabupaten Takalar sebesar 30 persen. Dengan total lahan rencananya mencapai 640 hektar secara total, serta melalui pengerjaan multiyears. 

Bendung ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai penyedia air baku untuk Takalar dan sekitarnya. Tetapi juga sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik hydro power, pariwisata, perikanan darat, dan peningkatan intensitas tanaman padi dan palawija seluas 6.430 hektar. 

Berita Terkait