Senin, 02 Januari 2017 04:01 WITA

Pesan Tahun Baru yang Tak Lazim dari Kim Jong-un

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Jumardin Akas
Pesan Tahun Baru yang Tak Lazim dari Kim Jong-un

RAKYATKU.COM - Beberapa pemimpin negara memperingati tahun baru dengan pesan dan harapan-harapan positif.

Beberapa diantaranya mungkin akan ikut dalam perayaan kembang api. Atau paling tidak merayakan dengan berbagai acara bersama keluarga dan pejabat negara.

Presiden Jokowi misalnya. Ia memilih berada di istana pada tahun baru. Jokowi hanya memposting foto dirinya sedang duduk dengan sarung saat detik-detik pergantian tahun.

Berbeda lagi dengan Presiden terpilih Amerika Serikat yang mengirimkan pesan tahun baru lewat twitter dan menyindir para haters-nya.

"Happy New Year untuk semua orang, termasuk haters saya dan orang-orang yang telah berjuang bersama saya dan mereka yang kehilangan dan tak tahu harus berbuat apa. Love!" tulisnya.

Namun, dari semua pemimpin negara, Presiden Korea Utara Kim Jong-un disebut paling unik menyambut tahun 2017.

loading...

Kim Jong-un menyambut 2017 dengan sebuah pidato berdurasi 30 menit yang disiarkan di stasiun televisi setempat. Kim Jong un masih saja berbiacara soal uji coba nuklirnya. Dia memberi tahu warganya bahwa ia mungkin akan melakukan uji coba nuklir antarbenua (ICBM).

"Penelitian dan pengembangan peralatan secara aktif terus maju dan persiapan ICBM roket untuk uji peluncuran di tahap terakhir." katanya.

Kim tidak secara eksplisit menegaskan bahwa ia akan menguji rudal pada bulan Januari. Namun, jika berkaca pada tahun 2016 lalu, Pyongyang melakukan uji coba nuklir 6 Januari 2016 dua hari sebelum ulang tahun pemimpin tertinggi mereka.

ICBM memiliki jangkauan minimal 5,500km dan beberapa diantaranya dapat menjangkau sejauh 10.000 km. 

Loading...
Loading...