Jumat, 16 Desember 2016 17:00 WITA

2016, Polres Maros Berhasil Tangani 44 Kasus Narkoba

Editor: Adil Patawai Anar
2016, Polres Maros Berhasil Tangani 44 Kasus Narkoba

RAKYATKU.COM, MAROS - Sebanyak 44 kasus narkoba ditangani Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resort (Polres) Maros selama tahun 2016. Penanganan kasus ini mulai Januari hingga Desember 2016. Dari 44 kasus yang ditangani ini, sudah ada beberapa yang telah selesai dan masih dalam penanganan.

Kepala Satuan (Kasat) Res Narkoba Polres Maros, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hendra mengungkapkan, kasus yang ditangani selama 2016 meningkat dan didominasi oleh kasus penggunaan narkotika jenis sabu. Dari 44 kasus tersebut, empat diantaranya penanganan obat daftar G, satu kasus pemakaian ganja, 39 kasus konsumsi shabu. 

"Penanganan terbanyak itu pada bulan Maret 2016 sebanyak delapan kasus konsumsi sabu-sabu, dari puluhan kasus tersebut rata-rata pengguna. Kalaupun ada pengedar belum termasuk bandar besar dan masih mengambil barang dari Makassar," ujar Hendra, kepada Rakyatku.com, Jumat (16/12/2016).

Sedangkan para pelaku, lanjut AKP Hendra, yang kasusnya sudah final dan terbukti di pengadilan telah ditahan dan ada juga yang menjalani rehab. Dan untuk barang bukti, dari kasus sabu  yang sudah dilimpahkan, pihaknya juga telah melimpahkan barang bukti kepada pengadilan, kecuali yang masih ditangani seperti barang bukti kasus daftar obat G yang masih menumpuk di ruangan Kasat Res narkoba. Barang tersebut nantinya akan diberikan kepada Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sulsel untuk dilakukan pemusnahan.

Dari tiga tahun sebelumnya,  penanganan kasus penyalahgunaan narkotika, pihak Res Narkoba Polres Maros mengalami peningkatan, pada 2014 sebanyak 12 kasus, tahun 2015 sebanyak 34 kasus, sementara untuk 2016 pihaknya telah menangani sebanyak 44 kasus.